Lihat ke Halaman Asli

Nethanya Hanani Sinambela

hiii!! i wrote something that i like

Lho, Ekonomi Bisa Diatur Pakai Cara Psikologi?

Diperbarui: 11 Desember 2021   19:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nah, lho! Siapa disini yang ikut bertanya-tanya dan bingung setelah baca judul. Hmm, daripada bingung semua, gimana kalau kita break down bareng-bareng?

Ternyata ilmu Psikologi juga mempelajari bidang Ekonomi yang biasa disebut Psikologi Ekonomi. Psikologi Ekonomi adalah ilmu mempelajari sebuah hubungan antara karakteristik Psikologi yang terdapat pada individu maupun pada kelompok dalam aktivitas Ekonomi yang dilakukan. 

Nah, ini artinya keputusan-keputusan yang akan diambil oleh individu atau kelompok dalam bidang ekonomi ternyata bisa dipelajari dan diprediksi, lho!

Tepatnya sih, digunakan untuk mempelajari perilaku konsumen. Salah satu kajian dalam Psikologi Sosial adalah mempelajari pengaruh sosial terhadap proses seorang individu. Yang termasuk di dalamnya adalah persepsi, motivasi, dan attitude. Dengan itu, dalam psikologi sosial kita bisa mempelajari perilaku konsumen dalam dunia bisnis. 

Misalnya nih, kita bisa lho, melihat apa yang bisa memotivasi orang dalam menentukan produk yang akan dibeli atau bagaimana seseorang membentuk persepsinya terhadap produk tertentu, dan lain sebagainya. Keren banget ga sih?

Bahkan, Psikologi bisa digunakan untuk menentukan cara marketing suatu produk, guys! Nah, dalam hal ini Psikologi mempelajari bagaimana seseorang bisa terpengaruh dari lingkungan sosial atau lingkungan di sekitarnya. Hmm, gimana sih caranya? Caranya dengan menciptakan suatu lingkungan dan persepsi terhadap produk yang kita tawarkan hingga kita lebih mudah memasarkan produk tersebut ke target market yang telah ada.

Nah, gimana guys? Sekarang udah paham dong, ya, tentang pengaruh Psikologi ke Ekonomi dan gimana Psikologi dipakai untuk mengatur Ekonomi. Siapa yang makin tertarik buat belajar Psikologi, nih?

LAMPIRAN:

Baron, Robert A. dan Donn Byrne. 2003. Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Baum, J.R., Frese, M. & Baron, R. (2007). The Psychology of Entrepreneurship. New Jersey: Lawrance Erlbaum.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline