Lihat ke Halaman Asli

Nesy Septiani

Mahasiswa

KKN 56 Kelompok 39 Sukses Gelar Sosialisasi Pendidikan di Dukuh Kalipucung Desa Bongas

Diperbarui: 7 Agustus 2023   23:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi KKN 56 Kel 39

Pemalang- KKN 56 Kelompok 39 Universitas Islam Negeri (UIN)K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan telah berhasil melaksanakan sosialisasi pendidikan di Dukuh Kalipucung Desa Bongas, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang. Dukuh Kalipucung ini merupakan salah satu dukuh yang terletak paling jauh dari pusat keramaian. Dukuh Kalipucung ini memiliki kekayaan alam yang melimpah dan terletak diantara perbukitan, sehingga pemandangannya sejuk dan asri.

Mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani dan peternak. Dan pendidikan di Dukuh Kalipucung ini kurang maksimal dikarenakan letaknya yang jauh dari keramaian, sehingga lembaga pendidikannya minim dan akses jalan berkelok dan naik turun serta hanya bisa di akses oleh kendaraan roda dua saja. Tentunya dengan adanya faktor penghambat tersebut, menjadikan pendidikan yang ada di dukuh Kalipucung belum sepenuhnya berjalan secara maksimal. Sehingga banyak anak yang putus sekolah dan tidak meneruskan ke jenjang pendidikan. Banyak anak di dukuh Kalipucung lebih memilih masuk ke pondok pesantren.

Pada tanggal 27 Juli 2023, Tim mahasiswa KKN 56 Kelompok 39 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan berhasil mengadakan sosialisasi pendidikan dengan tema "Pentingnya Peran Pendidikan Bagi Generasi Muda". Acara ini dihadiri oleh Perangkat Desa beserta jajarannya, Karang Taruna desa Bongas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda dukuh Kalipucung. Tidak kalah penting juga, masyarakat dukuh Kalipucung dari mulai anak-anak hingga orang tua yang turut hadir dalam acara ini.

 Selain itu, dari pihak tim KKN 56 Kelompok 39 UIN GUSDUR Pekalongan juga menghadirkan pemateri yang hebat dalam bidangnya yaitu Kak Putri Bimbing Basmalah, Kak Agryn Arkan Khanif, dan Kak Marconius Damero Silalahi dari Komunitas Tegal Learning Center. Adapun yang melatarbelakangi diadakannya acara ini adalah untuk membangkitkan semangat anak-anak dukuh Kalipucung khususnya dalam hal pendidikan.

Dalam acara ini, anak-anak dan warga dukuh Kalipucung sangat antusias dalam menyambut kedatangan tim KKN 56 Kelompok 39 UIN GUSDUR Pekalongan. Masyarakat dukuh Kalipucung ini juga menyambut tim KKN dengan ramah. Selama acara, tidak hanya orang tua saja yang mengikuti acara dengan baik, tetapi anak-anaknya juga menyimak materi yang disampaikan oleh pemateri dengan baik dan semangat.  Acara ini dimulai dengan ice breaking agar anak-anak lebih akrab dan tidak terlalu tegang selama acara ini berjalan. Disela-sela menyampaikan materi, juga diselingi dengan permainan sehingga anak-anak tidak mudah bosan selama acara.

Dan di akhir acara, Tim KKN juga melakukan evaluasi terkait dengan acara yang berjalan seperti mengajari anak-anak yang ada di dukuh Kalipucung ini menulis, membaca, berhitung, dan bernyanyi. Dilanjutkan dengan sesi dokumentasi.

Penulis : Nesy Septiani

Editor : Hisyam Rosul Maulana 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline