Lihat ke Halaman Asli

Nostalgia ke Jamannya Ngasah Otak Menggunakan Congklak

Diperbarui: 24 Juni 2015   10:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13733504422141196163

Sudah cukup lama saya gak nulis dikarenakan kesibukan yang membabi buta beramai-ramaimenghampiri diri saya yang rapuh ini. Hiks mau nangis rasanya sih tapi baiklah temans kali ini saya menulis lagi, nostalgia sih nih tentang mainan saya jaman dulu yaitu CONGKLAK. Tulisan ini dibuat bukan tanpa alasan tapi karena ingin membangkitkan kembali ingatan saya tentang masa kecil saya yang indah dan juga untuk ikutan lomba blog Indonesia Travel bertema “Ragam Keunikan Permainan Tradisional Indonesia“.

Perlu ga sih saya ceritain congklak itu apa? Bagi kalian yang lahir tahun 2000 ke bawah kayanya udah pada tau deh, ya kan? Okelah saya ceritakan congklak itu apa. Congklak itu adalah sebuah permainan anak-anak yang berasal dari Arab (katanya sih) yang disebarkan oleh para pedagang timur tengah ke Afrika maupun ke Asia. Hingga sampai lah di Indonesia tepatnya di Pulau Jawa. Cara mainnya yang cukup fundan gampang membuat congklak langsung tenar di Indonesia dan Negara-negara Asia Tenggara dalam sekejap.

Untuk peralatan mainnya, congklak terdiri dari dua alat yaitu papan congklak yang terbuat dari papan kayu atau plastic dengan 10 atau 12 lubang dimana 2 lubang berukuran lebih besar berada di ujung kanan dan kiri papan dan biji congklak berjumlah kira-kira 56 hingga 80 atau terserah pemain, biji congklak bisa terbuat dari kulit kerang atau biji-bijian, boleh menggunakan biji apa saja asal ukurannya kecil, dan ingat jangan pake biji duren. Jumlah pemain di dalam permainan congklak ada 2 orang, gak boleh lebih dan gak boleh kurang, camkan itu!

Cara mainnya coba deh tanya mamahnya yaitu pertama masukkan biji congklak ke dalam lubang-lubang yang ada di papan. Kira-kira masukkan 7 atau 8 biji congklak di setiap lubang kecuali 2 lubang di ujung-ujung, karena lubang tersebut akan menjadi rumah simpanan biji. Setelah sudah dimasukkan, mulai deh permainannya. Kedua pemain secara bersamaan menggoyangkan tangannya untuk adu cepat mengumpulkan biji congklak ke rumah penyimpanan. Pemain dengan simpanan biji paling banyak bisa jadi pemenang nih temans.

Info aja nih, dulu saya adalah pemain congklak paling handal di RT 06/ RW 01 Kel. Cikini Kec. Menteng Jakarta Pusat. Bangga banget rasanya kalo inget dulu jadi figure yang dielu-elukan dalam dunia percongklakan Indonesia. Saya pertama kali kenal congklak itu kira-kira kelas 2 SD. Semenjak itu mulai deh ketagihan main apalagi kalo lawannya anak tetangga yang umurnya lebih muda hahaha. Congklak pertama saya itu papannya warna coklat terbuat dari kayu dan bijinya terbuat dari kulit kerang. Ingin sekali saya tunjukkin ke kalian tapi apa daya papan dan bijinya udah hilang entah kemana.

Jaman dulu, jaman saya kecil atau bisa kita sebut dengan jaman KDKG (Kids Don’t Know Gadget) permainan kaya congklak ini emang jadi makanan setiap hari. Sebenernya sih ga Cuma congklak yang eksis, ada banyak permainan tradisional maupun modern di jaman KDKG yang sekarang udah bisa dibilang langka diantaranya bekel, monopoli, buyung, tak jongkok, galasin, tak umpet, uler naga dan masih banyak lagi yang namanya lupa. Dulu tanpa mereka kita gak hidup, dulu kalo gak punya mereka kita pasti ngambek sama mama minta beliin. Tapi sekarang….. mereka dilupakan hiks.

Kembali ke congklak, dulu saya seneng banget main congklak karena gak cuma bisa ngelatih tangan tapi juga ngasah otak. Menurut saya main congklak bisa membuat kinerja otak untuk membuat strategi lebih tajam dan kemampuan menghitung semakin baik. Percaya gak? Coba amatin deh cara mainnya yang harus memperkirakan biji di lubang mana yang mesti diambil, kan itu udah bisa ngelatih kemampuan otak untuk membuat strategi. Terus kalian sering ga sih sebelum ngambil biji dari lubangnya ngitung dulu berapa bijinya dan bertahan lama atau enggak buat dijalanin? Kalo saya sih ..ehem.. sering. Itu ga curang kok, cuma pinter. Pinter mengelabui lawan hahaha

Keseruan bermain congklak sedihnya gak pernah saya lihat lagi di jaman sekarang. Sekarang anak-anak khususnya anak-anak kota mainnya angry bird, PES, dan segala macem mainan di gadgetnya, ckck… miris. Padahal kalo mau dieksplore mainan tradisional Indonesia tuh cukup banyak jenisnya dan tentunya banyak manfaatnya. So come on temans kita kembaliin kejayaan permainan tradisional Indonesia dengan mengenalkan permainan seperti congklak, gasing, galasin, gundu, dkk ke adik-adik kalian atau sepupu-sepupu kalian yang masih bocah agar mereka merasakan indahnya jaman KDKG yang dulu kalian juga rasain.

Sekian dari saya, semoga bisa menginspirasi kalian semua. See ya at another article...

Picture by encyclopedia-photoessay.blogspot.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline