ABSTRAK
Keterampilan berbahasa mencakup empat hal yang saling memiliki kaitan antar satu unsur dengan unsur lainnya. Dengan keterampilan berbahasa maka akan sangat memudahkan para mahasiswa dalam mengerjakan segala tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang mahasiswa.
Tanpa keterampilan berbahasa yang baik maka seorang mahasiswa akan mengalami hambatan-hambatan selama proses perkuliahannya, karena dalam dunia perkuliahan keterampilan berbahasa ini sangat diperlukan bukan hanya oleh seorang mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia saja, tapi semua mahasiswa di semua jurusan. Dunia perkuliahan sekarang bukan hanya menuntut kemampuan berpikir mahasiswa saja tapi juga menuntut kemampuan aksi sebagai realisasi dari kemampuan berpikir tersebut.
Kata kunci: Keterampilan Berbahasa
PENDAHULUAN
Menurut Tarigan (Latif, 2007) keterampilan berbahasa mencakup empat aspek yang saling berhubungan, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Setiap aspek keterampilan berbahasa ini memiliki karakteristik, tujuan, dan manfaat yang berbeda. Akan tetapi keempat keterampilan berbahasa ini sangat berkaitan erat.
Keterampilan berbahasa adalah keterampilan yang sangat diperlukan apalagi pada zaman sekarang. Dengan keterampilan berbahasa yang baik maka akan membuat seorang mahasiswa menjadi lebih baik lagi dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Tanpa adanya keterampilan berbahasa yang dimiliki oleh seorang mahasiswa, dapat dipastikan bahwa semua tugas-tugasnya akan sulit untuk ia selesaikan bahkan bisa saja dia menggunakan jasa pembuatan tugas orang lain. Tentu hal ini akan membuat mahasiswa tidak berkembang dan berproses seperti seharusnya.
Keterampilan berbahasa sering kali dikaitkan dan dihubungkan hanya dengan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, padahal untuk jurusan-jurusan yang lain juga sangat memerlukan keterampilan berbahasa tersebut, apalagi dalam pembuatan skripsi yang memerlukan setiap keterampilan berbahasa yang ada untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
Keterampilan berbahasa itu sendiri terdiri atas empat macam keterampilan, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keempat keterampilan ini akan sangat dibutuhkan dalam segala hal kegiatan di zaman sekarang. Namun untuk kali ini penulis hanya akan memfokuskan pada keterampilan berbahasa yang digunakan untuk para mahasiswa.
Keterampilan berbahasa menyimak dan keterampilan berbahasa membaca adalah keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Bersifat reseptif maksudnya di sini yaitu bersifat menerima informasi yang ada. Yang membedakan antara keterampilan berbahasa menyimak dan keterampilan berbahasa membaca hanyalah bentuk informasi yang ditangkap. Jika dalam keterampilan menyimak informasi yang ditangkap bersifat lisan, sedangkan pada keterampilan berbahasa membaca informasi yang ditangkap bersifat tulisan.
Selanjutnya, keterampilan berbahasa berbicara dan keterampilan berbahasa menulis adalah keterampilan berbahasa yang bersifat produktif. Bersifat produktif maksudnya di sini yaitu menghasilkan suatu hal atau objek baru. Yang membedakan kedua keterampilan berbahasa ini hanyalah bentuk objek yang ia hasilkan. Jika dalam keterampilan berbahasa berbicara objek yang dihasilkan adalah berbentuk lisan, sedangkan jika dalam keterampilan berbahasa menulis objek yang dihasilkan adalah berbentuk tulisan.