Lihat ke Halaman Asli

SUDAH SIAPKAH KITA DALAM MENGHADAPI MEA?

Diperbarui: 13 Februari 2016   17:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

   

Sebelum kita jauh membahas tentang MEA. kita harus mengetahui dulu
APA SIH ITU MEA?
Seperti yang kita ketahui Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) adalah persaingan di mana kita menuju pasar bebas baik berupa barang, jasa, investasi ,tenaga kerja yang akan membawa kita dalam persaingan bebas di antara Negara–negara anggota ASEAN (MEA).

Dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean ini kita harus bisa mempunyai persiapan dalam menghadapinya dalam kemampuan komunikasi baik bahasa inggris yang merupakan bahasa internasional ataupun mandarin,kita jangan jadi penonton dalam menghadapi MEA tapi jadikanlah sebagai tantangan dan peluang untuk bisa di manfaatkan dengan bekerja keras dengan mencari ide kreativitas , inovatif dan terampil untuk menghadapi persaingan ASEAN. Upaya awal yang perlu dilakukan adalah menumbuhkan pemahaman mengenai MEA dan juga peluang apa saja yang dapat diperoleh dari MEA .

Bagaimana dengan para pelaku uasaha kecil menengah (ukm) sudah siapkah dalam menghadapi MEA ??

siap tidak siap harus bisa menghadapinya dengan positif dan harus siap dalam bersaing dengan Negara ASEAN,karena MEA sudah didepan mata. Hal yang seharusnya dipersiapkan,memanfaatkan sumber daya alam yang ada meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil ,unggul, cerdas , kompetitif terutama dalam menghadapi persaingan MEA,misalnya meningkatkan kompetensi ketenagakerjaan yang dapat memiliki sertifikasi profesi, sehingga tenaga kerja profesional ASEAN dapat bekerja di Negara anggota ASEAN lainnya ,seperti pada prinsip MEA mewujudkan kawasan yang berdaya saing .

Tantangan dalam menghadapi MEA?
Tantanganya adalah bagaimana kita menghadapi MEA dalam artian jangan hanya bisa di dalam negeri saja,bukankah diluar sana masih banyak peluang yang masih bisa kita manfaatkan. Marilah kita melihat MEA ini sebagai peluang dan tantangan dengan berani tampil dengan Negara ASEAN,berpartisipasi dan mempersiapkan diri dalam kemampuan berbahasa asing ,yang siap bersaing.

semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca , bila ada kesalahan silahkan komentar . trima kasih :)

                 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline