Lihat ke Halaman Asli

Neni Indah

mahasiswa

Mahasiswa KKN Undip Membantu Membuat WebGIS Informasi Persebaran Fasilitas Kesehatan

Diperbarui: 11 Desember 2022   17:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

WebGIS Persebaran Fasilitas Kesehatan di Kelurahan Pandean Lamper/dokpri

Semarang (28/01/2022) -- Ketersediaan fasilitas kesehatan menjadi faktor penting dalam jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang baik, diperlukan fasilitas kesehatan yang dapat menyediakan pelayanan kesehatan yang terjangkau. 

Sehingga diperlukanya sebuah informasi terkait sebaran fasilitas kesehatan untuk masyarakat guna mengetahui lokasi layanan kesehatan di Kelurahan Pandean Lamper.

Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan suatu sistem yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis, dan menghasilkan data yang bereferensi atau geospasial untuk mendukung pengambilan keputusan. Seiring perkembangan teknologi, SIG mulai mengembangan sistem dengan pengaplikasian berbasis web yang dikenal dengan WebGIS. 

Pembuatan WebGIS berbasis SIG dapat mengetahui dan membantu letak layanan kesehatan atau sebagai teknologi alternatif dalam perkembangan dunia kesehatan.

Pembuatan WebGIS dengan menggunakan struktur website HTML, bahasa pemrograman (javascript dan PHP), MySQL sebagai pembuat database, serta menggunakan peta dasar Google Map. Saat ini web merupakan salah satu sumber informasi yang banyak dipakai untuk sarana promosi dalam banyak bidang termasuk bidang kesehatan. 

Sistem informasi geografis ini diharapkan mampu membantu calon pasien untuk mengetahui lokasi layanan kesehatan di Kelurahan Pandean Lamper serta mengetahui informasi mengenai nama, alamat, gambar fasilitas kesehatan. Sistem informasi geografis ini juga diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemerintah maupun swasta untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan. 

Di harapkan dengan dibuatnya WebGIS dapat mempermudah masyarakat luas untuk mendapatkan informasi mengenai letak persebaran lokasi fasilitas kesehatan di Kelurahan Pandean Lamper. Selain itu dapat membantu masyarakat untuk melihat lokasi fasilitas kesehatan dengan mudah dan cepat melalui online serta sebagai teknologi alternatif dalam perkembangan dunia kesehatan.

Dosen Pembimbing : Desyta Ulfiana, S.T., M.T.

Lokasi KKN : Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline