Lihat ke Halaman Asli

Cara Mengenal Komedo Pada Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya

Diperbarui: 9 Agustus 2016   06:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mempunyai wajah yang bersih selalu menjadi idaman oleh semua orang baik itu pria ataupun wanita, memiliki wajah tanpa noda mampu memberikan PENAMPILAN PLUS dan secara psikologis meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Namun ada kalanya harapan tidak sesuai dengan kenyataan yaitu ketika kita ingin wajah terlihat muda dan bersih, eeh malah ada komedo dan noda jerawat yang muncul menghiasi wajah kita.

Perlu Anda ketahui bahwa komedo merupakan salah satu masalah paling menjengkelkan yang sering dihadapi wanita maupun pria. Selain dapat menggangu penampilan Anda, komedo juga seringkali muncul di area hidung bahkan cenderung berbau, berwarna putih dan hitam. Munculnya komedo salah satunya sebagai akibat dari adanya sel kulit mati yang membuat tersumbatnya pori pori pada kulit wajah disamping itu karena pola hidup sehat kita yang tidak teratur sehingga menyebabkan komedo kembali lagi muncul. 

Biasanya ada dua jenis komedo. Yang pertama, komedo hitam jika diperhatikan kelihatan seperti pori- pori yang membesar dan berwarna hitam dan warna hitam tersebut disebabkan karena adanya oksidasi dengan udara. Yang kedua, komedo whitehead terlihat layaknya benjolan kecil dibawah kulit dan benjolan ini terjadi akibat tersumbatnya lapisan kulit ari oleh kotorandan lemak.

Untuk mencegah timbulnya komedo yang tumbuh disekitar hidung dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan wajah terus, rajin-rajinlah mencuci muka ketika wajah terasa kotor ataupun saat wajah berminyak agar tidak terjadi penyumbatan padapori-pori wajah. Menggunakan masker naturgo juga bisa dilakukan agar kulit wajah menjadi segar, sehat dan bersih.

Jika komedo telah menghiasi pada kulit wajah kita maka yang perlu dilakukan adalah:

1. Biasakan melakukan cara hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang cukup bergizi.

2. Kalau Anda mempunyai tanaman lidah buaya maka Anda bisa mengfungsikan lidah buaya tersebut untuk membasmi komedo, caranya belahlah lidah buaya dan oleskan lendirnya pada wajah kemudian biarkan selama 10 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Ternyata telur tidah hanya enak dimakan tetapi kita bisa memanfaatkan putih telurnya untuk menghilangkan komedo. Caranya yaitu campurkan putih telur dengan 1 sendok teh madu dan pastikan campuran sudah rata lalu oleskan campuran tersebut pada kulit wajah anda dan biarkan sampai benar-benar kering terus bilaslah dengan air hangat, lakukan hal ini sebelum tidur.

4. Perbanyak minum air putih, diusahakan agar minum air putih minimal 8 gelas per hari agar pencernaan Anda menjadi lancar dan memperoleh kulit yang segar dan sehat.

Bila anda sudah mengetahui bagaimana cara mencegah dan menghilangkan komedo, segeralah praktekkan. Ingat tidak ada hasil lebih baik yang diperoleh dengan secara instan, jadi lakukan secara bertahap sampai komedo benar-benar hilang. Selamat mencoba !!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline