Lihat ke Halaman Asli

Bikin Sehat Mental, Kebiasaan Menonton Bola Bikin Hidupmu Bahagia

Diperbarui: 6 September 2021   09:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK


Sepak bola adalah salah satu olahraga favorit di dunia. Semua orang bisa menjadi "gila" saat melihat pertandingan tim kesayangan bermain di lapangan. Euforia pertandingan sepak bola selalu menggema di seluruh dunia.


Permainan sepakbola yang dikenal saat ini sudah lebih dahulu populer di Inggris pada abad ke-19. Olahraga ini banyak dimainkan di desa maupun di kota-kota di Inggris tetapi dengan peraturan yang berbeda-beda, tak seperti sekarang yang telah memiliki aturan baku di bawah naungan FIFA. Sepak bola memiliki cerita yang cukup panjang dan berliku. Pada abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia.


Sepak bola memiliki  manfaat jika dimainkan atau dilakukan sebagai olahraga, bahkan untuk yang hanya sekedar menonton pun, sepak bola memiliki manfaat untuk kesehatan mental.


Adakalanya kondisi mental kita terganggu karena tekanan hidup yang kita dapatkan. Seperti tekanan pekerjaan, keluarga, ataupun yang lainnya. Adalah hal yang lumrah sesekali mental kita down atau turun pada saat-saat mendapatkan ketegangan dalam hidup. Untuk mengatasi hal tersebut ada banyak cara yang dapat kita lakukan, salah satunya menonton pertandingan sepak bola.


Mengapa menonton pertandingan sepakbola bisa mengatasi gangguan mental yang kamu alami, YUK kita simak beberapa manfaat menonton pertandingan sepakbola untuk kesehatan mentalmu.

1.  Menonton Sepak Bola Sama Dengan Berolahraga


Menonton sepak bola selama 90 menit setara dengan berolahraga
. Sebuah penelitian dari University of Leeds menyatakan bahwa menonton bola dapat berdampak baik bagi kesehatan. Hal tersebut terjadi karena detak jantung seseorang yang menonton sepak bola akan meningkat sekitar 64 persen dan denyut mencapai 130 per menit. Pada penelitian tersebut disebutkan bahwa hal tersebut sama seperti seseorang yang berjalan cepat selama 90 menit.



2.  Melepas Stres


Penelitian dari University of Alabama mengatakan, menonton sepak bola mampu mengendalikan otak dari gejala stres. Hormon stres dari tubuh bisa terlepas secara perlahan, karena otak dan tubuh mendambakan kesenangan dan bereaksi positif ketika menonton pertandingan sepakbola. Selain itu, mendapati tim favoritnya menang juga dapat mengurangi tekanan darah dan  memberikan dorongan psikologis selama beberapa hari. Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran.



3. Meningkatkan Fungsi Otak


Menonton pertandingan sepakbola akan membuat hormon di otak bekerja dengan baik. Penelitian dari University of Chicago menyatakan bahwa ada peningkatan aktivitas di neuron motorik otak ketika melihat pemain sepakbola bergerak dari sisi yang satu ke sisi yang lainnya, sehingga fungsi otak dapat meningkat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline