Lihat ke Halaman Asli

BERHIJRAH MENUJU RESOLUSI DIRI

Diperbarui: 26 Juli 2023   11:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Freepik

Tonggak penting perjalanan sejarah umat  Islam adalah memperingati 1 Muharram sebagai Tahun Baru Islam. Peringatan bulan Muharram atau Tahun Baru Islam ini untuk mengingatkan perjuangan Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. Nabi Muhammad memperoleh wahyu dan perintah dari Allah untuk menyebarkan agama Islam ke Masyarakat. Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad ke Madinah inilah Islam mengalami perkembangan pesat.

Hijrahnya Nabi Muhammad penuh dengan pengorbanan yaitu harus meninggalkan tanah kelahirannya, saudara serta harta bendanya karena Nabi Muhammad memenuhi perintah dan wahyu dari Allah swt. Mesikipun beragam tantangan dan rintangan nabi Muhammad swt dan para sahabatnya tidak mengenal putus asa dan pantang menyerah. Semangat perjuangan Nabi Muhammad swt dan para sahabatnya inilah yang memaknai lahirnya tahun baru Hijriyah/ Tahun Baru Islam.

Momentum tahun baru Islam dapat meningkatkan semangat berjuang untuk beraktivitas lebih giat dan kreatif. Tahun baru Islam sebagai awal tahun pergantian untuk berintrospeksi diri terutama bagi diri kita yang merasa belum melakukan banyak hal-hal kebaikan atau hal yang bermanfaat. Rasa empati atau kepedulian terhadap sesama dapat menjadikan kita lebih mendekatkan diri kepada Allah swt. Aktivitas dan kebiasaan lebih terjaga dengan berhijrah hati, pikiran dan tingkah laku. Dengan berhijrah dapat meningkatkan kepedulian terhadap diri sendiri atau kepedulian terhadap orang lain.

Berhijrah dapat berarti mensyukuri segala karunia dan nikmatnya. Maka dari itu kita dapat meningkatkan kualitas diri agar hidup menjadi lebih bermakna. Bermakna untuk diri sendiri juga bermakna untuk orang lain. Banyak yang dilanda permasalahan atau kurang percaya diri karena menurunnya prestasi atau kinerja. Jika seseorang menerima keadaan yang sebenarnya bahwa kondisi kehidupan yang ada harus dijalani, maka dapat melakukan aktivitas dengan cara mengatur waktu serta menciptakan kehidupan yang baik. Berdoa, bersyukur dan berbuat yang manfaat untuk orang lain sebagai bukti bahwa kita telah berhijrah menuju ke arah yang lebih baik demi meningkatkan kualitas dan potensi diri. Berhijrah menuju kemenangan dan menjalani kehidupan ini apa adanya.

Semangat Blogger

Blogg: https://www.kompasiana.com/nenengamalia21




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline