Lihat ke Halaman Asli

Nenden tata

mahasiswa

Motivasi Belajar Menurun, Mahasiswa KKN Tim II Undip Beri Edukasi Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Sebagai Solusitutor

Diperbarui: 13 Agustus 2022   15:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelajar SMP & SMA Dusun Pengkol bersama Tim II KKN UNDIP/dokpri

Pengkol, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Jawa Tengah (13/08/2022)- Metode tutor teman sebaya merupakan metode pembelajaran dimana siswa yang telah paham materi pelajaran memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. 

Rendahnya daya serap serta pemahaman materi pembelajaran para siswa selama pembelajaran daring mengakibatkan turunnya motivasi belajar siswa. Para siswa merasa kurang paham akan mata pelajaran tertentu karena keterbatasan guru dalam menyampaikan materi. 

Banyak siswa yang mendapatkan tugas dari mata pelajaran tertentu dengan penjelasan materi yang sangat terbatas sebelumnya. Kurangnya penjelasan dari guru dan sulitnya penyerapan materi membuat siswa tidak semangat belajar.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP: Nenden Tata Kurnia (Fakultas Psikologi) memberikan solusi berupa metode pembelajaran tutor teman sebaya. 

Kegiatan ini disosialisasikan pada hari Minggu, 31 Juli 2022 bertempat di Gedung Pertemuan Dusun Pengkol, Pokoh Kidul. Pelajar yang ikut serta dalam sosialisasi mencapai 35 orang yang berasal dari jenjang SD, SMP, dan SMA. Dalam pelaksanaannya, Para pelajar di Dususn Pengkol diberi penjelasan mengenai pengertian metode belajar tutor teman sebaya serta manfaat yang didapatkan setelah melaksanakan metode tersebut. 

Setelah itu, para pelajar di Dususn Pengkol juga diajak untuk membuat sebuah daily activity. Daily activity disusun sesuai kegiatan yang dimiliki pelajar pada setiap harinya. Melalui pembuatan daily activity, siswa diharapkan mampu membangun manajemen waktu yang baik serta memanfaatkan waktu secara efisien.

Belajar bersama di Posko KKN Tim II UNDIP Desa Pokoh Kidul/dokpri

Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa di Dusun Pengkol dengan model pembelajaran tutor teman sebaya. Model Pembelajaran Tutor Sebaya adalah kegiatan belajar siswa dengan memanfaatkan teman sekelas yang mempunyai kemampuan lebih untuk membantu temannya dalam melaksanakan suatu kegiatan atau memahami suatu konsep.

Tidak berhenti di sosialisasi, Nenden Tata Kurnia selaku Mahasiswa KKN TIM II UNDIP membuka kelas belajar bersama secara gratis serta memberikan fasilitas berupa tempat, papan tulis, dan alat tulis. Pertemuan belajar bersama dilaksanakan pada malam hari pukul 19.00 WIB pada hari 25-26 Juli, dan 4 Agustus 2022. Para siswa berbondong-bondong membawa PR mereka untuk didiskusikan bersama dengan teman-teman dan dibimbing oleh Mahasiswa TIM KKN UNDIP. 

Melalui pelaksanaan program ini diharapkan siswa mampu belajar secara mandiri dan tidak bergantung pada penjelasan dari guru di kelas saja. Selain itu, diikuti oleh meningkatnya motivasi belajar dan prestasi di sekolah baik secara akademik atau non-akademik.

Oleh: Nenden Tata Kurnia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline