Lihat ke Halaman Asli

Instrumen Penting Pada Webmaster

Diperbarui: 20 Juni 2015   03:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jika anda memiliki bisnis online dalam bentuk website, maka suatu kewajiban mendaftarkan situs pada webmaster search engine. Teknik ini adalah hal yang mendasar karena memang hal inilah yang disyaratkan. Apalagi jika situs tersebut telah terdaftar dan terindeks, maka akan muncul banyak data yang merupakan instrument penting sebagai petunjuk langkah-langkah pengoptimalan situs. Data apa saja yang berguna untuk teknik optimasi? kita bahas secara singkat kali ini.

Jika anda belajar optimasi, maka salah satu yang wajib dipelajari adalah webmaster tool search engine. Karena dengan alat ini maka akan diperoleh data di antaranya:


  1. Keyword situs. Yaitu beberapa kata yang akan berguna untuk memanggil situs anda pada search engine. Jika keyword yang anda bidik tidak tertera di jajaran atas, maka anda perlu melakukan posting artikel lebih banyak agar keyword bidikan bisa muncul.
  2. Search query. Adalah keyword yang digunakan oleh pengunjung saat berkunjung ke situs anda melalui browser search engine.
  3. Rasio Click. Yaitu angka kunjungan yang dibandingkan dengan search query. Semakin jumlah click tinggi, maka menunjukkan situs anda pada posisi optimal. Dan anda bisa cek pada posisi keyword search query apakah terjadinya klik tersebut.
  4. Data kesehatan situs.
  5. Data URL yang sudah terindeks maupun yang baru pada tahap perayapan.
  6. Data error website. Anda akan menemukan artikel manakah yang mengalami error saat search engine melakukan perayapan.

Sebenarnya masih banyak instrumen penting yang tertera pada webmaster tool yang berguna untuk melakukan kontrol terhadap website. Tetapi dengan data-data di atas, maka sudah cukup dan anda dapat menentukan langkah apakah yang sebaiknya dilakukan untuk menjalankan teknik seo pada website yang anda kelola.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline