Lihat ke Halaman Asli

Kenyamanan Driver Perlu Ditingkatkan

Diperbarui: 16 Mei 2022   18:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Surat Pembaca

Kepada Yth CEO Gojek dan Jajarannya

Sebagai pengguna setia Gojek yang merupakan aplikasi lokal asli karya anak bangsa Indonesia saya merasakan berbagai kenyamanan. Apalagi mengingat sudah banyak fitur dari Gojek ini yang tidak hanya menyediakan fasilitis ojek online tapi juga berbagai fitur lainnya yang begitu membantu masyarakat dalam sehari-hari termasuk saya. Diantaranya seperti GoSend, GoPay, GoMart, GoFood dan lain sebagainya saya mengucapkan terima kasih.

Namun setelah merasakan banyak kenyaman dari fitur dan jasa  yang ditawarkan  oleh Gojek ini. Menurut saya justru banyak memberikan beban kepada para driver Gojek. Sebab dari beberapa tahun lalu sudah sering mengenai customer yang tidak bertanggung jawab dan menganggap remeh para driver.

Dimulai dari pesanan GoFood yang berujung menipu, setelah diantarkan ke alamat tujuan yang tertera namun bukannya membayar justru customer kabur tanpa keterangan sama sekali. Padahal makanan atau barang yang dipesan tersebut sebalumnya menggunakan uang para driver. Alhasil bukannya mendapatkan uang mereka marah merugi.

Sebaiknya bisa saja pihak Gojek memberikan kebijakan terhapad fitur GoFood ini, seperti pihak Gojek yang memberikan uang khusus untuk dibelanjakan sebagai kebutuhan Go-Food. Atau mungkin bisa saja Gojek hanya menyediakan bayaran COD atau bayar tunai Go-Food dibatas sampai 50.000 – 100.000, jika lebih dari harga yang telah ditentukan pembayaran hanya bisa melalui GoPay, sebab agar menghindari tindakan customer yang nakal dan tidak bertanggung jawab.

Selain dari pada fitur GoFood ini, menurut saya ada juga fitur  GoJek yang memberikan kenyamanan kepada customer tapi malah membebani driver. Yakni fitur GoSend, sering kali saya melihat custumer yang menggunakan jasa ini namun tidak melihat resiko dan bahaya yang dapat mengancam driver. Seperti customer yang memesan jasa GoSend  mengantarkan lemari yang besar dengan beban yang berat, yang dapat beresiko membahayakan driver.  

Seperti kehilangan keseimbangan karena muatan yang berlebih, kerusakan pada motor dan juga sakit badan yang dirasakan karena mengangkut barang dengan muatan yang tidak wajar. Apalagi mengingat motor memiliki batas tertentu agar dapat menampung beban tertentu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline