Lihat ke Halaman Asli

NELLI

GURU KELAS IV

Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran PBL Kelas IV SD Negeri 16 Tanjung

Diperbarui: 21 Februari 2024   02:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KATA PENGANTAR

     Alhamdulillah, puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah yang telah dilimpahkan-Nya kepada penulis, sehingga dapat merampungkan penyusunan Best Practice penulis dengan judul PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 16 TANJUNG. Walaupun terdapat kendala yang penulis alami, namun berkat bantuan dan dorongan serta saran-saran dari berbagai pihak maka segala kesulitan tersebut dapat teratasi.

    Melalui penyusunan Best Practice ini penulis memaparkan pengalaman mengajar Fisika dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Dalam Best Practice ini memuat langkah-langkah pembelajaran, dan kegiatan di dalam kelas. Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi positif untuk terselesaikannya tugas penyusunan Best Practice ini sebagai tugas PPL program PPG Daljab Angkatan III tahun 2023. Penulis juga menyadari dalam pembuatan Best Practice ini masih banyak kekurangannya karena keterbatasan waktu dan ilmu, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi penyempurnaan karya tulis ini.

Menyusun Best Practice

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik Dalam Pembelajaran.

Lokasi                                                : SD Negeri 16 Tanjung Jalan Gunung Pagu Siam Kec. Teriak Kab. Bengkayang Prov. Kalimantan Barat

Lingkup Pendidikan                    : Sekolah Dasar

Tujuan Yang Ingin Dicapai       : Tujuan yang hendak dicapai dalam praktik pembelajaran ini adalah: Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman, keaktifan dan motivasi belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 16 Tanjung muatan pembelajaran Bahasa Indonesia (Ciri-Ciri Puisi dan Contoh Puisi) dan IPA (Siklus Hidup Makhluk Hidup)  

Nama Penulis                                 : NELLI, S.Pd.SD

Tanggal                                             : 21 Februari 2024

Situasi                                                : 

  • Latar Belakang Masalah:  Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline