Lihat ke Halaman Asli

Menyusun Cerita Best Practice Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantanagn, Aksi, dan Refleksi Hasil dan Dampak)

Diperbarui: 1 Oktober 2022   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Lokasi                                                    : SMPN 1 Bandar Negeri Semuong

Lingkup pendidikan                        : Sekolah Menengah pertama

Tujuan yang ingin dicapai             : Penerapan model PBL untuk meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik pada materi Perubahan 

                                                                     fisika dan Perubahan Kimia di SMPN 1 Bandar Negeri Semuong

Penulis                                                   : Neli Wisdayana

Tanggal                                                 : 14 September 2022                          

(S) Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari praktek pembelajaran ini adalah: 

Berdasarkan pengamatan penulis selama melaksanakan tugas di unit kerja serta komunikasi dengan kepala sekolah dan observasi bersama teman sejawat mengenai isu yang berkembang di kelas VII sesuai dengan kelas yang diampu oleh penulis. Fakta yang ditemukan penulis yaitu berdasarkan hasil PTS dan PAS disemester genap tahun pelajaran 2021/2022, penulis mendapatkan hasil belajar siswa yang masih banyak dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal itu terjadi karena kegiatan pembelajaran selama ini secara moda daring hanya menggunakan media via whatsapp, google classroom dan karena signal yang kurang mendukung. Disamping itu belum optimalnya guru dalam menerapkan model pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran terkesan monoton dan masih berpusat pada guru. Siswa hanya mendapatkan materi pelajaran dari buku yang dipakai sehingga peserta didik terlihat jenuh dan tidak termotivasi dalam pembelajaran.

 

motivasi belajar peserta didik yang masih rendah adapun beberapa analisis penyebab mengapa motivasi belajar peserta didik rendah yaitu:

  • Peserta didik lesu dan murung dalam belajar
  • Guru berbicara peserta didik ngobrol
  • Peserta didik hanya menerima saja apa yang dijelaskan oleh gurunya
  • Peserta didik tidak mau bertanya kepada gurunya
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline