Lihat ke Halaman Asli

Neli laili

Mahasiswa

Contoh Gangguan Mental

Diperbarui: 14 November 2022   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Contoh dari gangguan mental salah satunya yaitu Retardasi Mental. Tahukah kalian apa itu retardasi mental?

Retardasi mental adalah gangguan mental seumur hidup yang diperkirakan mempengaruhi lebih dari 120 juta orang di seluruh dunia. Retardasi mental bisa disebut juga disabilitas intelektual. Dengan demikian, Retardasi Mental merupakan masalah di bidang kesehatan masyarakat, kesejahteraan sosial dan pendidikan tidak hanya bagi anak-anak dengan disabilitas intelektual, tetapi juga bagi keluarga dan masyarakatnya.

Retardasi Mental adalah suatu keadaan abnormal pada tumbuh kembang anak, peristiwa tumbuh kembang itu sendiri merupakan proses yang paling penting, esensial dan unik bagi anak dan sangat penting bagi anak. Perkembangan retardasi mental dapat disebabkan oleh gangguan prenatal, perinatal, dan postnatal.

Pencegahan yang efektif adalah pilihan terbaik karena beban pengobatan disabilitas intelektual pada keluarga dan masyarakat. Pada zaman kuno, orang dengan cacat fisik bawaan seperti dwarfisme tidak dibedakan dari mereka yang cacat intelektual. 

Orang dengan epilepsi, psikosis, dan gangguan pendengaran sering disalahartikan sebagai penyandang disabilitas intelektual. Faktanya, gangguan ini sering menyertai penyandang disabilitas intelektual, sehingga membuat diagnosis klinisnya sulit. (Sudiharto 2014)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline