Lihat ke Halaman Asli

Nela Septiani Samarurok

Penerima Beasiswa Bidikmisi Angkatan 2019 || STP Trisakti Jakarta || Jurusan D-4 Perhotelan

Tujuan dan Cara Kerja Revenue Management

Diperbarui: 24 September 2022   14:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Halo sobat baca! Saya Nela Septiani Samarurok, mahasiswa dari sekolah tinggi pariwisata trisakti Jakarta dan saya mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. Kali ini saya ingin berbagi tentang tujuan dan cara kerja dari revenue management
Selamat membaca...
Revenue management atau manajemen pendapatan adalah suatu usaha pendekatan yang dapat dapat dilakukan agar bisa mengontrol perilaku konsumen demi menghasilkan pendapatan. Industry biasanya menggunakan sistem dalam menganalisis perilaku konsumen, memperkirakan pemintaan para konsumen menyesuaikan persedian dan harga.
Adapun tujuan dari revenue management itu sendiri adalah untuk menyediakan permintaan yang dibutuhkan oleh para konsumen, sehingga perusahaan dapat menjual brang atau jasa yang diperlukan diwaktu yang tepat serta harga yang pas.
Cara kerja dari revenue management itu sendiri itu biasanya perusahaan sering mendapatkan permintaan yang beragam dari para calon konsumen. Dihari libur permintaan ini biasanya tidak stabil, para konsumen juga biasanya memiliki vasian permintaan yang berbeda dari waktu ke waktu sehingga kita yang penyedia jasa/ barang juga harus menyediakan persediaan untuk jangka waktu yang telah ditentukan.
Biasanya ada beberapa titik focus dari revenue management antara lain itu adalah
Segmentasi serta produk yang mungkin akan dibutuhkan oleh para konsumen  
Pengembangan strategi harga barang yang tepat,sehingga harga yang akan diberikan kepada konsumen juga terjangkau
Penyesuaian persediaan yang memiliki tingkat pencarian yang paling banyak diminati
Pengembangan strategi pemasaran barang yang akan disalurkan kepada calon-calon konsumen
Eksploitasi saluran pemsaran yang tersedia membangun relasi dengan perusahaan lainnya agar lebih mudah mendapat jaringan pemasaran yang tepat.
Nah untuk itu dalam pengelolaan pendapatan ini sebagai penyedia jasa/barang kita juga harus menyediakan persediaan untuk jangka waktu yang telah ditentukan sehingga jika ada konsumen yang mempunyai permintaan maka perusahaan sudah mampu memberikannya. Untuk itu dalam prosesnya kita dapat melihat hasil evaluasi dari data-data yang telah kita rangkum sehingga dapat menjadi panduan agar kita mampu meramalkan permintaan konsumen untuk kedepannya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline