Lihat ke Halaman Asli

Nela Septiani Samarurok

Penerima Beasiswa Bidikmisi Angkatan 2019 || STP Trisakti Jakarta || Jurusan D-4 Perhotelan

Langkah-Langkah Sequences of Service Restaurant

Diperbarui: 25 Januari 2022   18:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo sobat baca! Saya Nela Septiani Samarurok, Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta dan saya mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Kali ini saya ingin berbagi langka-langkah sequences of service restaurant.

Selamat membaca...

Sequences of service adalah tata cara dalam memberikan pelayanan yang dari awal tamu datang sampai tamu meninggalkan restaurant. Dalam sequences of service ini dibutuhkan kerjasama antar sesama staff sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Berikut adalah langkah-langkah sequences of service restaurant yang perlu kita ketahui agar pelayanan nya lebih baik.

  1. Menyambut kedatangan tamu, dalam artian kita mengucapakan "selamat pagi" kepada tamu yang datang. Melakukan kontak mata,tersenyum ramah dan sedikit membungkukkan badan untuk memberikan penghormatan.
  2. Mempersilahkan duduk,utamakan wanita untuk dipersilahkan duduk tapi lebih diperhatikan untuk tamu yang lebih tua.
  3. Buka lipatan napkin,berdiri disamping tamu sebelah kanan dan jangan sampai mengganggu tamu,buka napkin dan letakkan dipangkuan tamu
  4. Memberi daftar menu,kemudian memberikan daftar menu makanan dam minuman,dalam memberikan daftar menu utamakan wanita terlebih dahulu (ladies first)kemudian dengan tata cara pengorderan sesuai dengan searah jarum jam.
  5. pengorderan makanan dan minuman,tawrkanlah makanan dan minuman special yang restaurant kita punya yang sedang promosi.kemudian sipakan captain order dan pena untuk menulis semua orderan dari tamu. tulis nomor meja,nama pengorder,tanggal,waktu,jumlah tamu,dan segala permintaan tamu agar tidak ada kesalahan
  6. mengulangi pesanan tamu,tanyakan terlebih dahulu pada saat ingin mengulangi pesanan,kemudian berbicara dengan jelas dan perlahan kemudian sambil meminta daftar menu dengan tersenyum dan sopan. (komunikasikan pesanan tamu secara lengkap dibagian kitchen dan bar)
  7. menyajikan minuman,segeralah sajikan minuman sebelum makanan dihidangkan,gunakan tray dalam pengantaran pesanan dan selalu sajikan minuman dari sebelah kanan tamu.
  8. menyajikan makanan,sebelum makanan disajikan kita sudah terlebih dahulu melakukan adjusting catleries atau mempersiapkan alat makan yang akan digunakan oleh tamu saat makan nanti.
  9. membersihkan meja tamu,pakailah tissue atau scraf untuk mengambil atau membersikan makanan yang terjatuh diatas menja tamu,lakukan secara perlahan dan hati-hati.
  10. menawarkan dessert,waiter menawarkan menu dessert kepada tamu apabila tamu sudah selesai dengan main course nya. kemudian siapakan peralatan yang dibutuhkan dalam penyajian dessert.
  11. mengantarkan bill,sebelum memberikan bill kepada tamu,kita sudah memeriksa apakah bill tersebut sudah sesuai dengan captain order yang kita punya.selagi menunggu tamu melakukan pembayaran kita juga bisa menanyakan apakah ada komentar dengan makanan dan minuman yang diberikan serta dengan pelayanan yang didapatkan.
  12. ucapkan terima kasih,lakukan kontak mata dengan tamu dan tersenyum pada waktu mengucapkan terima kasih. dan lakukan percakapan singkat sambil mengantarkan tamu sampai depan pintu sehingga tamu juga dapat berkenan buat datang lagi kerestaurant kita.

nah,langkah-langkah sequences of service ini dapat kamu terapkan direstaurant agar tamu lebih mendapatkan pelayanan yang berkesan,semoga tulisan ini dapat bermanfaat. maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan terima kasih sudah menyempatkan waktu buat membaca....

byee guyss.... 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline