Lihat ke Halaman Asli

Nela Septiani Samarurok

Penerima Beasiswa Bidikmisi Angkatan 2019 || STP Trisakti Jakarta || Jurusan D-4 Perhotelan

Tips Melayani Pelanggan dengan Baik

Diperbarui: 10 Agustus 2021   22:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Life hack. Sumber ilustrasi: PEXELS/SeaReeds

Halo sobat baca! Saya Nela Septiani Samarurok, Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta dan saya mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Kali ini saya ingin tips melayani klien dengan baik.

Selamat membaca...

Gimana sih cara kita melayani pelanggan? Apa cukup dengan mendengarkan mereka saja atau cukup dengan menyapa mereka saja. Setiap pelanggan memiliki hak buat diberikan pelayan yang terbaik oleh perusahaan,karena pelanggan merupakan tolak ukur bagi bisnis yang tengah kita jalani saat ini,banyak tidaknya pelanggan yang datang kepada perusahhan kita itu tergantung pelayanan yang kita berikan kepada mereka. Nah berikut ada beberapa tips gimana caranya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan...

Mendengarkan Mereka

Pelanggan yang komplain kepada anda dengan alasan dia kurang setuju dengan keputusan atau ada hal lain yang mungkin tidak dia sukai,alangkah baiknya kita sebagai staf yang melayani mendengarkan terlebih dahulu pada saat pelanggan kita mengutarakan pendapatnya,menunggu dia selesai bicara dan sesekali memotong pembicaraan yang tengah berlangsung. Kemudian setelah mereka berbicara barulah kita memberikan tanggapan kita,sebisa mungkin memberikan solusi yang dapat membantu permasalahan pelanggan tersebut.

- Mengingat Nama Tamu

Usahan mengingat nama pelanggan dengan baik dan jangan melakukan kesalahan saat akan melakukan penulisan nama terhadap pelanggan. Dengan mengingat nama tamu,maka tamu akan merasa dihargai serta diberiakan perhatian khusus sehingga staf yang melayani dapat mengingat namanya.

- Membangun Hubungan Kepercayaan

Banyak banget cara agar kita mendapatkan kepercayaan pelanggan kita,bisa dengan mendengarkan mereka dengan baik serta memberikan solusi yang tepat juga bisa banget. Apalagi jika kita ada janji dan janji itu mampu kita penuhi serta memberikan pelayan yang baik secara otomatis pelanggan kita akan menaruh kepercayaan terhadap kita.

-  Selalu bersikap Sopan dan Ramah

Kebanyakan orang tentu akan lebih merasa nyaman dengan sikap kita yang ramah,sopan serta bersahabat dengan orang lain. Nah begitu pun dengan para pelanggan kita,mereka akan lebih menyukai pelayanan yang ramah yang membuat mereka bisa merasa nyaman dengan pelayanan kita karena tamu akan mencari ternyaman nya dimana dia diperlakukan dengansangat amat baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline