Lihat ke Halaman Asli

Negara KITA

Keterangan

Ngakak, Prabowo Pintar Melawak

Diperbarui: 27 Desember 2018   17:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Prabowo di MTA Solo (Foto: Asep Abdullah Rowi/Tribun Solo)

Prabowo oh Prabowo, mungkin daripada nyapres dirimu lebih baik ikut Stand Up Comedy. Tiap perkataanmu penuh kontroversi. Terakhir bilang Indonesia punah. Memangnya Indonesia hewan purba? Nah sekarang, malah ngeguyon tentang Haiti.

Hari Minggu (23/12) di depan ribuaan jemaah Majelis Tafsir Alquran (MTA) Kota Solo, salah satu paslon yang juga Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto lagi-lagi menelurkan pernyataan yang kontroversial. Menurutnya, Indonesia setingkat dengan negara miskin di Afrika. Setelah 73 tahun Indonesia merdeka, berada dengan setingkat dengan Rwanda, Sierra Leone, Haiti...

Bagi mereka yang mendengarkan pidato Prabowo tersebut tentu berpikir, "memangnya Haiti negara yang ada di Afrika?" Entah itu kesalahan Prabowo dalam berucap, atau memang dia tidak mengetahuinya. Tapi sebagai informasi, Haiti adalah negara yang ada di benua Amerika. Negara yang terkenal dengan voodoo nya ini bahkan sempat menjadi perhatian dunia internasional saat terjadinya gempa bumi tahun 2010 yang lalu. Gempa Bumi yang memakan korban 300.000 jiwa penduduk Haiti ini semestinya masuk dalam ingatan seorang yang akan maju sebagai calon presiden, atau setidaknya mengetahui benua tempat negara Haiti berada.

Pernyataan Prabowo yang kontroversial di pidato tersebut juga ada pada intisari dari pidatonya. Prabowo mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang tingkat kemiskinannya sama dengan Haiti. Pernyataan ini mendapatkan respon keras dari salah satu sastrawan kawakan dan pendiri Tempo Goenawan Mohamad. Penulis tersebut mengatakan bahwa berdasarkan data tahun 2017, Gross National Income (GNI) per kepala di Haiti sebesar 760 dan Indonesia sebesar 3.540. Goenawan menambahkan bahwa untuk memenangi pemilu 2019, bohong rupanya halal.

Sekadar informasi, GNI per kepala merupakan rata-rata daya beli per orang dalam hitungan US Dollar selama setahun di suatu negara. Jadi, apabila kita melakukan perhitungan ke rupiah, maka dalam setahun, penduduk Indonesia memiliki rata-rata pendapatan Rp 51 juta atau apabila dihitung dalam sebulan, sebesar Rp 4.250.000. Bandingkan dengan Haiti yang rata-rata penduduknya berpendapatan Rp 11 juta dalam setahun atau hanya Rp 916.000 dalam sebulan.

Sumber

1. IDN Times [Sebut Haiti Ada di Afrika, Prabowo Dikritik Netizen]

2. Worldbank [Data GNI]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline