Lihat ke Halaman Asli

Neeza Firdaus

Mahasiswa

Harus Apa Setelah Wisuda?

Diperbarui: 29 Juni 2022   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Harus Apa Setelah Wisuda?

Momentum wisuda adalah satu pencapaian besar yang ditunggu-tunggu dan diperjuangkan oleh setiap mahasiswa. Namun, fenomena yang justru kita temui adalah banyak sekali yang justru kehilangan arah setelah wisuda tersebut. Mengapa hal demikian bisa terjadi? Lantas, bagaimana mengatasinya?

Baru-baru ini musisi ternama dunia, Taylor Swift, mendapatkan gelar Doctor of Fine Arts Honoris Causa atas pencapaiannya dalam dunia seni musik. Dalam momen penganugerahannya itu, ia membawakan pidato yang cukup menggugah bagi seluruh wisudawan disana.

Dalam hidup, tentu banyak hal yang kita dapatkan. Kebahagiaan, kecewa, penyesalan, dan pastinya hal-hal tersebut memengaruhi hidup kita baik secara langsung, maupun tidak langsung. Lalu ketika fase-fase itu datang, dimana rasanya beban ekspektasi terlalu berat untuk ditanggung, satu hal yang sering dilupakan adalah ternyata kita bisa melepas hal-hal berat itu. Saat dimana kita menyadari bahwa sebenarnya yang kita sendiri butuhkan tidaklah seberat itu.

Ia bertutur bahwa wisuda adalah pintu gerbang kemandirian, bahwa setelah wisuda hanya akan tersisa diri kita sendiri. Hal tersebut merupakan kabar buruk sekaligus kabar baik. Kabar buruk karena kita tidak bisa bergantung kepada orang lain, tapi kabar baiknya adalah kita bisa melakukan apapun yang kita mau karena kita hanya bertanggung jawab atas diri sendiri. Oleh karena itu, tidak perlu takut untuk mencoba banyak hal.

Jangan pernah takut dan berhenti bermimpi. Teruslah bekerja keras untuk mewujudkan mimpi itu dan tetap fokus kepada cita-cita.

Sumber : https://youtu.be/OBG50aoUwlI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline