Lihat ke Halaman Asli

Pemanasan Global Terasa Semakin Nyata

Diperbarui: 5 Desember 2023   22:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Halo semuanya. Pasti kalian belakangan ini merasa bahwa cuaca di bumi ini semakin lama semakin panas, banyak orang-orang yang mudah terkena penyakit seperti flu, dll. Terus juga udara rasanya semakin berpolusi. Hal-hal tersebut merupakan akibat dari pemanasan global loh!

Mungkin kalian sudah sering mendengar istilah pemanasan global kan?

Nah mari kita mencari tahu tentang pemanasan Global.

-PENGERTIAN PEMANASAN GLOBAL:

Jadi pemanasan global adalah suatu kondisi dimana terjadinya penaikkan suhu atau adanya pemanasan suhu atmosfer, laut dan daratan di bumi yang di karenakan oleh menipisnya lapisan ozon pada bumi. 

Menipisnya lapisan ozon di sebabkan karena adanya jumlah karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan oleh bumi berlebihan. Karbon dioksida yang berlebihan ini disebabkan dari aktivitas-aktivitas manusia pada zaman sekarang. Pemanasan global juga merupakan kondisi perubahan iklim (pemanasan iklim) di bumi. Tentunya pemanasan global ini sangat berdampak buruk bagi kehidupan sekarang. 

-BEBERAPA PENYEBAB PEMANASAN GLOBAL:

1. Efek rumah kaca.

Kalian sudah sering mendengar efek rumah kaca iyakan? Nah efek rumah kaca ini merupakan istilah bahwa bumi ini sedang terprangkap dalam sebuah rumah kaca. Rumah kaca disini berarti karbon dioksida, dan juga metana yang sudah seperti kaca. 

Karbon dioksida yang berlebihan ini disebabkan oleh kegiatan pembakaran bahan bakar fosil, kayu, mengahangatkan bangunan, dll. Seperti kaca, gas-gas mempunyai kemampuan untuk memantulkan kembali sinar infra merah ke angkasa, namun karena gas-gas terperangkap di dalam bumi, akhirnya sinar infra merah terus akan menyimpan panas pada permukaan bumi. 

2. Efek umpan balik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline