Lihat ke Halaman Asli

Pandu T. Amukti

Dokter Hewan

Partisipasi Disnakkan Bondowoso di TMMD 2023

Diperbarui: 15 Mei 2023   21:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kerang, Bondowoso - Senin, 15 Mei 2023 Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bondowoso (Disnakkan) ikut berpartisipasi dalam giat TMMD (TNI Manunggaling Membangun Desa) di Dusun Plasaan, Desa Kerang, Kecamatan Sukosari dalam bentuk Pengobatan Masal Ternak. Awalnya tim Disnakkan mentargetkan pelayanan ternak sebanyak 50 ekor, namu masyarakat peternak setempat sangat antusias sehingga tim melayani dua kali lipat target, yakni 101 ekor ternak (95 ekor sapi dan 6 ekor kambing).

Kepala Desa Kerang, Eko Purwantoro mengapresiasi kegiatan ini, "Kami sangat terbantu dengan kehadiran tim Dinas Peternakan dan Perikanan Bondowoso yang sudah turun untuk mengobati ternak di desa kami secara gratis."

Kegiatan yang mulanya dilakukan di lapangan Dusun Plasaan dilanjutkan dengan door to door (kandang ke kandang) karena ada sebagian peternak yang tidak memungkinkan membawa ternaknya ke lapangan. Para peternak ini menunggu di kandang dengan antusias.

Pengobatan yang dilakukan antara lain dermatitis, enteritis, mastitis, dan pengobatan supportif. Tim Disnakkan juga melakukan pelayanan inseminasi buatan untuk sapi yang birahi, pemeriksaan kebuntingan untuk sapi yang sudah dikawinkan, penandaan dengan pemasangan eartag/identitas sapi, pembagian desinfektan dan brosur edukasi kesehatan hewan.

Drh. Pandu Tokoh Amukti selaku koordinator puskeswan di wilayah setempat yang juga mengomando tim kesehatan hewan menyampaikan bahwa giat kolaborasi bersama TNI ini sangat bermanfaat bagi peternak. "Hal ini menunjukkan eksistensi TNI bersungguh-sungguh bersama rakyay."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline