Lihat ke Halaman Asli

Peran Ekonomi Islam dalam Mengentaskan Kemiskinan dan Pengangguran

Diperbarui: 15 Desember 2023   23:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak 

Kontribusi ekonomi Islam dalam memerangi pengangguran dan kemiskinan dibahas dalam artikel ini. Artikel ini menjelaskan bagaimana pendekatan ekonomi Islam dapat menjadi solusi permasalahan masyarakat tersebut dengan menguraikan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang mengedepankan keadilan distributif, keterlibatan masyarakat, dan menghindari riba. Artikel ini mengeksplorasi manfaat ekonomi Islam untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif, mendorong kesetaraan, dan memberdayakan masyarakat melalui kajian terhadap gagasan kedermawanan, zakat, dan mudharabah. Studi ini menawarkan wawasan kritis tentang bagaimana ekonomi Islam dapat membantu mengatasi kemiskinan dan pengangguran dengan menawarkan alternatif yang bermoral dan berkelanjutan.

Abstract 

The contribution of Islamic economics to the fight against unemployment and poverty is covered in this article. This article explains how an Islamic economic approach can be a solution to these societal problems by outlining the principles of Islamic economics that promote distributive justice, community involvement, and avoiding usury. This article explores the benefits of Islamic economics for promoting inclusive economic growth, fostering equality, and empowering communities through an examination of the ideas of generosity, zakat, and mudharabah. This study offers critical insights into how Islamic economics may help address poverty and unemployment by offering a morally sound and sustainable alternative.

Kata kunci ekonomi islam, pengangguran, kemiskinan.

Keywords islamic economics, unemployment, poverty.

Pendahuluan

Kemiskinan dan pengangguran selalu menjadi masalah yang sanagat serius tapi tidak pernah terselesaikan. Bahkan, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan jumlah pengangguran di Indonesia pada bulan agustus tahun 2023 mencapai 7,,86 juta jiwa. Begitu juga dengan jumlah kemiskinan yang ada di Indonesia, yang mencapai 25,90 juta jiwa. Angka ini masih tergolong tinggi jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya.

Agama Islam sebagaimana agama yang membawa perdamaian, agama rahmatan lil alamin, tentu akan sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, kesetaraan, kesejahteraan, dan perdamaian. Salah satu cara menumbuhkan nilai-nilai tersebut agama islam menyediakan sistem Ekonomi Islam yang didalamnya terdapat prinsip-prinsip keadilan, kesetaraan, dan prinsip-prinsip yang menjunjung tinggi kesejahteraan umat.

Pembahasan

Ekonomi Islam, sebuah sistem ekonomi yang didasarkan pada ajaran syariah Islam, sangat berperan dalam memerangi pengangguran dan kemiskinan. Ekonomi Islam memberikan landasan bagi kemakmuran disemua tingkat masyarakat dengan mengintegrasikan metode redistribusi pendapatan, pelarangan riba, pembiayaan Islam, pembangunan berkelanjutan, dan peningkatan pendidikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline