Analisa Iklan "Alfamart" Sebelum Pandemi Covid-19
Iklan "Alfamart" ini dibuat sebelum adanya pandemi Covid-19, iklan Alfamart X Gojek ini menyajikan tentang kisah anak sekolah dasar yang bercerita tentang ibunya yang memiliki sikap cerewet. Pada pertengahan iklan ini diselipkan aplikasi Gojek, ketika sang anak meminta dibelikan sesuatu oleh ibunya, sang ibu membelikannya dengan menggunakan aplikasi gojek tersebut agar mendapatkan cashback.
Pendekatan Iklan "Alfamart"
Iklan "Alfamart" ini menggunakan pendekatan Emosional, maksud dari pendekatan emosional adalah merupakan salah satu pendekatan komunikasi dalam iklan yang menggunakan daya tarik konsumen dengan emosional atau perasaan.
Pendekatan Emosional pada iklan ini terdapat pada bagian sang anak yang menceritakan sikap ibunya yang cerewt, bawel dan sering menyuruh-nyuruh, namun dia mengerti mengapa ibunya bersikap seperti itu karena demi kebaikan sang anak.
Media Yang Digunakan Iklan "Alfamart"
Iklan "Alfamart" ini menggunakan media ATL (Above The Line Ads) artinya, aktivitas marketing yang dilakukan ditujukan untuk kalangan yang luas. Sehingga, media-media aktivitas marketing yang digunakan pun yang memiliki tingkat perhatian yang besar juga.
Contohnya : Iklan pada media elektronik.
Kreativitas Iklan "Alfamart"
Kreativitas yang digunakan iklan "Alfamart x Gojek" ini adalah dengan menggunakan seorang anak sekolah dasar yang meminta dibelikan sesuatu kepada ibunya. Kejadian seperti ini sudah menjadi kebiasaan bagi anak kecil. Kreativitasnya ada pada mengangkat cerita asli kehidupan seorang anak sekolah dasar.
Strategi Iklan "Alfamart"