Lihat ke Halaman Asli

Analisis Iklan Games Kolaborasi dengan Girl Grup Kpop

Diperbarui: 7 Juli 2024   18:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kelompok 5 

Nurul Fajar (23010400083)

Nazwa Yanin Sefiarafa (23010400082)

Syifa Aulia Safinatunnajah (23010400164)

Apakah kalian pernah tertarik dengan suatu produk hanya dengan melihat iklan saja?? Yaa itu artinya iklan tersebut sudah tersampaikan dengan baik, tujuan dari periklanan sendiri yaitu mempengaruhi atau mempersuasikan produk atau jasa kepada khalayak. Advertising atau periklanan mempunyai pengertian yaitu upaya atau usaha untuk mempromosikan, layanan, jasa bahkan ide kepada khalayak agar tertarik dan membeli atau menggunakan produk tersebut. Definisi iklan menurut para ahli :

Menurut Jaiz (2014: 4) Iklan didefinisikan sebagai segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat media, ditunjukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.

Menurut Fatihudin dan Firmansyah (2019: 164) Iklan merupakan model komunikasi yang dapat menjangkau publik secara luas. Iklan dapat digunakan untuk membangun image jangka panjang dan juga mempercepat quick sales. Selain itu iklan juga bersifat baku dan dapat ditayangkan berulang-ulang serta dapat memperoleh efek dramatisasi dari iklan yang ditayangkan tersebut.

Menurut Tjiptono dalam Minati (2017) iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung, yang didasarkan pada informasi tentang keunggulan atau keuntungan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian.

Iklan biasanya dibuat sekreatif mungkin untuk mendapatkan atensi dari khalayak, iklan juga bisa menjadi strategi komunikasi untuk menarik perhatian, menumbuhkan rasa kesadaran dan menciptakan citra produk. Dalam dunia pemasaran iklan mempunyai banyak manfaat, bukan hanya menginformasikan sebuah produk tetapi memberikan penyajian yang mudah diingat agar khalayak dapat mengambil suatu tindakan dan akan menguntungkan bagi pihak pembuat iklan melalui media digital (Duniarro,2003,p,l). Iklan yang berhasil adalah iklan yang bisa membuat audiens berhenti sejenak untuk menikmati dan mendengarkan pesan yang disampaikan. Hal tersebut bisa digapai dengan berbagai cara salah satunya adalah menggunakan visual yang menarik, atau membuat alur cerita dalam iklan tersebut. Sedangkan fungsi iklan secara umum adalah sebagai berikut :

Menurut Shimp dalam Hartini (2016) fungsi periklanan meliputi:
Memberi Informasi
 Periklanan dapat memberitahukan pasar tentang suatu produk baru dan perubahan harga, menyusulkan kegunaan suatu produk baru menjelaskan cara kerja, dan membangun citra perusahaan.
Membujuk
 Periklanan dapat membentuk preferensi merek, mengubah persepsi konsumen tentang atribut produk, mengajak konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan dan membujuk konsumen untuk membeli sekarang.
Mengingatkan
 Iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen dan meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada.
Memberikan Nilai

Tambah Periklanan memberikan nilai tambah pada merek dengan mempengaruhi persepsi konsumen, sehingga seringkali merek dipandang sebagai lebih elegen, lebih bergaya dan biasa lebih unggul dari tawaran pesaing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline