Lihat ke Halaman Asli

Nazwa Sarfina Afriyanti

mahasiswa Politeknik kesehatan Pangkal Pinang

Pentingnya Pengetahuan Tentang Pemberian MP-ASI

Diperbarui: 30 Agustus 2024   20:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

        Perlu kita ketahui bahwa pengetahuan ibu tentang perawatan pada bayi sangat penting terutama pada pemberian makan. MP-ASI atau bisa kita sebut dengan Makanan Pendamping ASI adalah pemberian makanan kepada bayi yang telah menginjak usia 6 bulan , jenis makanan yang diberikan pada bayi untuk melengkapi asupan nutrisi yang didapatkan bayi. 

Banyak ibu yang kurang mengerti tentang pemberian MP-ASI untuk bayi sejak berusia 6 bulan  , bahkan ada saja beberapa ibu yang memberikan MP-ASI  kurang dari umur 6 bulan, karna kebiasaan nenek moyang kita dulu yang turun temurun di lakukan kepada anak cucunya. Hal ini sangat berbahaya untuk bayi , karena sistem pencernaan pada bayi belum cukup kuat atau bisa meningkatkan risiko terjadinya tersedak, diare, dan gangguan pertumbuhan, maka dari itu pentingnya pengetahuan kepada ibu. Dengan adanya informasi ini kita dapat meningkatkan pengetahuan kepada ibu menyusui , ibu hamil, dan calon ibu tentang pentingnya memberikan asupan yang baik kepada anaknya . 

     Sejak lahir sampai 6 bulan bayi wajib di berikan asi eksklusif saja dan boleh diberi tambahan vitamin untuk bayi, jika sudah berusia 6 bulan bayi boleh di perkenalkan dengan makanan pendamping asi atau MP-ASI yang awal pemberiannya berbentuk bubur pure sedikit cair berikan 2-3 sendok sekali makan, usia 6-9 bulan Pure agak kental, usia 9-12 bulan dengan tekstur kasar dengan cara dicincang/dicacah, usia 12-24 bulan tekstur makanan di iris miring-miring, seiring bertambahnya usia bayi selain beda jenis tekstur MP-ASI beda pula jumlah takaran saji makanan bayi tersebut, dan pada usia awal di perkenalkan MP-ASI ibu wajib memperkenalkan beragam jenis makanan sehat kepada bayi. jadi jika ibu sudah memperkenalkan berbagai jenis makanan bergizi, Maka MP-ASI harus mengandung gizi seimbang atau sajian lengkap agar dapat memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta serat.

       Namun menurut penelitian yang saya baca pada pemberian MP-ASI ada mitos dan fakta yang para ibu harus tahu mitos: MP-ASI Harus Hambar Ada kepercayaan luas bahwa MP-ASI tidak boleh memiliki rasa, yaitu tanpa garam, gula, atau bumbu apa pun. Ide ini didasarkan pada gagasan bahwa bayi perlu merasakan makanan dalam kondisi paling murni untuk menghindari penolakan di masa mendatang atau untuk melindungi kesehatan mereka. Namun, pandangan ini lebih merupakan mitos daripada fakta. Faktanya, memberikan makanan yang benar-benar hambar tidak diperlukan dan bisa membatasi pengalaman rasa bayi. Penelitian menunjukkan bahwa bayi mampu dan siap untuk mengenal berbagai rasa sejak dini, dan paparan ini dapat membantu mereka lebih terbuka terhadap makanan baru di masa depan. Namun menurut saya untuk bayi yang baru di kenalkan oleh macam-macam jenis makanan sehat , mulai dari sumber protein, sayuran, buah, dll. pemberian MP-ASI  hambar karna, agar bayi dapat lebih mengenal rasa murni dari jenis makanan yang diberi , dan juga bayi belum sempurna dalam mengenali rasa.

Dengan adanya informasi ini kepada masyarakat diharapkan dapat menerapkan informasi ini kedalam kehidupan terutama bagi ibu yang memiliki bayi. Demi menjaga kesehatan bayi yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline