Lihat ke Halaman Asli

Nazwa Cendra Swari

Mahasiswi Public Relations UNJ

4 Pelajaran Hidup dari K-Drama Dr. Romantic 3 bagi Mahasiswa

Diperbarui: 14 Juni 2023   23:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

instagram.com/sbsdrama.official

Drama Korea Dr. Romantic 3 semakin ramai diperbincangkan usai Kang Dong Joo (Yoo Yeon Seok), dokter bedah di musim pertama kembali hadir pada episode 12. Menurut Nielsen Korea yang dilansir dari Soompi, rating Dr. Romantic 3 tembus sebesar 14,8% pada pekan lalu dan menjadi program yang paling banyak ditonton. Dibalik keseruan tiap episodenya, ternyata banyak pelajaran hidup yang dapat kita ambil terlebih lagi untuk para mahasiswa masa kini. Yuk, simak pelajaran hidup apa saja yang dapat diambil dari menonton Dr. Romantic 3!

1.  Jangan Pernah Putus Asa dalam Belajar

dok. Disney+ Hotstar/Dr. Romantic 3

Dalam suatu adegan di episode lima, Dong Hwa (Lee Sin Young) menyadari kekurangan dirinya yang tidak bisa membaca hasil USG ketika menjadi asisten Kim Sabu dalam menangani pasien infeksi saluran empedu. Ternyata Sun Woong (Lee Hong Nae) juga memiliki masalah yang sama. Oleh karena itu, mereka berdua belajar membaca hasil USG yang dibantu Ah-Reum (So Joo Yeon) hingga tengah malam.

Dari kisah Dong Hwa dan Sun Woong tersebut, dapat menjadi contoh bagi para mahasiswa untuk jangan pernah putus asa saat belajar. Sebab dalam proses belajar kita akan menemukan banyak pengalaman yang berharga.


2. Memiliki Sikap Empati terhadap Sesama Manusia

dok. Disney+ Hotstar/Dr. Romantic 3

Pada musim ketiga ini, Kim Sabu (Han Suk Kyu) berhasil membuka Pusat Layanan Trauma Rumah Sakit Doldam yang telah diimpikannya selama ini. Alasan Kim Sabu mendirikan pusat layanan trauma adalah untuk memberikan harapan hidup kepada pasien dengan kasus cedera parah tanpa pandang bulu. Akhirnya pada episode pertama, pusat layanan trauma dibuka untuk menolong tentara Korea Utara yang terluka.

Dari sikap mulia Kim Sabu tersebut, dapat menjadi contoh bagi para mahasiswa agar memiliki rasa empati terhadap sesama karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Melalui empati kita dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain serta menjadikan hidup kita lebih bermakna bagi diri kita dan orang lain.

3. Mengubah Hinaan Menjadi Prestasi

twitter.com/NauraNabila18 

Sejak di musim pertama, Seo Woo Jin (Ahn Hyo Seop) sering kali diremehkan dan dianggap sebagai dokter pembuat masalah. Hampir semua tindakan yang dipilihnya memiliki risiko yang tinggi. Hingga pada suatu hari perkataan Kim Sabu membuat Woo Jin membulatkan hati untuk mengasah lebih baik lagi kemampuan yang dimilikinya.

Kau buktikan kepada mereka yang mengabaikan dan mendiskriminasimu - Kim Sabu

Sekarang, Woo Jin berhasil membuktikan sebagai salah satu dokter bedah umum andalan Rumah Sakit Doldam dan dipercaya oleh Kim Sabu menjadi pembimbing dokter residen bedah, Jang Dong Hwa.

Kegigihan Seo Woo Jin tersebut dapat menjadi contoh bagi para mahasiswa agar mengubah hinaan menjadi sebuah motivasi untuk meraih prestasi. Yakinlah, orang yang meremehkan kita belum tentu lebih baik daripada kita.


4. Selalu Menghargai Orang Lain

dok. Disney+ Hotstar/Dr. Romantic 3

Pada episode lima ini, terlihat Dong Hwa sedang dinasihati oleh Kim Sabu agar lebih menghormati orang lain untuk membuat dokter terhormat dari dirinya sendiri.

Mengomeli perawat yang menyadari kesalahanmu, membuatmu tampak sangat picik - Kim Sabu

Diketahui Dong Hwa menyinggung perawat Eun-Tak (Kim Min Jae) dengan menunjukkan keunggulannya sebagai dokter yang perintahnya harus diikuti. Padahal Eun-Tak mencoba membantunya membaca hasil USG.

Dari sikap Dong Hwa tersebut, dapat menjadi pelajaran bagi mahasiswa untuk selalu rendah hati mengakui kekurangan yang ada dalam diri kita. Memanfaatkan jabatan yang dimiliki untuk berperilaku semena-mena kepada orang lain merupakan perilaku tidak terpuji.

Apabila masih penasaran pelajaran hidup dari Dr. Romantic 3 yang relate dengan kehidupan kalian sehari-hari, maka ikuti terus alur perkembangan K-Drama Dr. Romantic 3 yang tayang setiap hari Jumat dan Sabtu hanya di Disney+ Hotstar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline