Lihat ke Halaman Asli

Nazila Putri kyla

Mahasiswa FISIP UMJ

Pendekatan Pesan Periklanan

Diperbarui: 8 Juli 2024   19:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendekatan Pesan Periklanan: Strategi, Studi Kasus, dan Dampaknya

Pendekatan periklanan merupakan suatu bentuk pesan mengenai suatu produk yang dikirimkan melalui suatu media, disponsori oleh pengirim yang dikenal, dan ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), periklanan adalah  penerbitan di media massa seperti surat kabar dan majalah, atau di tempat umum, untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang barang dan jasa yang dijual Menurut Alex S. periklanan Nitisemoto  merupakan upaya untuk mempengaruhi konsumen tidak secara langsung tetapi masyarakat secara keseluruhan melalui teks, gambar, atau kombinasi keduanya. Periklanan juga merupakan suatu bentuk komunikasi yang memuat pesan-pesan komersial nonpribadi tentang produk, barang, jasa, individu/kelompok, instansi melalui media massa dengan tujuan untuk menginformasikan dan mempengaruhi (membujuk) khalayaknya.

Tujuan Pendekatan Pesan Dalam Iklan

Tujuan pendekatan pesan dalam iklan ada berbagai macam yaitu menarik perhatian dengan cara pesan iklan menarik perhatian audiens target yang berada diantara banyaknya iklan yang bersaing,selanjutnya ada tujuan untuk membangun rasa kesadaran kita dengan menambahkan rasa sadar kita kepada suatu produk, pelayanan dan suatu brand.

Pendekatan Secara Emosional

            Pendekatan secara emosional adalah salah satu komunikasi yang menggunakan daya Tarik konsumen dengan emosional dan perasaan. Dalam pendekatan ini bertujuan memengaruhi perasaan dan membangkitkan respon emosional positif terhadap pelayanan iklan yang efektif secara emosional dapat membantu suatu merk berhubungan dengan audiens pada Tingkat yang lebih dalam.

Pendekatan Seacara Rasional

            Pendekatan rasional dalam iklan berarti menyampaikan pesan iklan dengan logika, fakta, dan alasan yang meyakinkan. Iklan yang menggunakan pendekatan ini memberikan informasi spesifik tentang produk atau layanan untuk membuktikan klaimnya. Misalnya, iklan dapat menjelaskan bahan, kinerja, atau keunggulan produk dengan angka, data, atau penjelasan ilmiah.

Pendekatan Positioning 

            Pendekatan positioning atau pendekatan posisi merupakan suatu pendekatan komunikasi dalam iklan yang digunakan untuk menempatkan posisi produk di antara para pesaing produk lainnya. Pendekatan ini mengandalkan banyak media massa untuk promosinya yang bertujuan agar konsumen dapat mengetahui informasi yang lengkap mengenai produk tersebut. Positioning yang kuat dapat membantu brand Anda berdiri di tengah kompetisi yang ketat. Beberapa contoh iklan yang berhasil membangun positioning mereka melalui komunikasi yang jelas dan konsisten

Pendekatan Secara Preemptive

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline