Pendekatan Pesan Periklanan: Strategi, Studi Kasus, dan Dampaknya
Pendekatan periklanan merupakan suatu bentuk pesan mengenai suatu produk yang dikirimkan melalui suatu media, disponsori oleh pengirim yang dikenal, dan ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), periklanan adalah penerbitan di media massa seperti surat kabar dan majalah, atau di tempat umum, untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang barang dan jasa yang dijual Menurut Alex S. periklanan Nitisemoto merupakan upaya untuk mempengaruhi konsumen tidak secara langsung tetapi masyarakat secara keseluruhan melalui teks, gambar, atau kombinasi keduanya. Periklanan juga merupakan suatu bentuk komunikasi yang memuat pesan-pesan komersial nonpribadi tentang produk, barang, jasa, individu/kelompok, instansi melalui media massa dengan tujuan untuk menginformasikan dan mempengaruhi (membujuk) khalayaknya.
Tujuan Pendekatan Pesan Dalam Iklan
Tujuan pendekatan pesan dalam iklan ada berbagai macam yaitu menarik perhatian dengan cara pesan iklan menarik perhatian audiens target yang berada diantara banyaknya iklan yang bersaing,selanjutnya ada tujuan untuk membangun rasa kesadaran kita dengan menambahkan rasa sadar kita kepada suatu produk, pelayanan dan suatu brand.
Pendekatan Secara Emosional
Pendekatan secara emosional adalah salah satu komunikasi yang menggunakan daya Tarik konsumen dengan emosional dan perasaan. Dalam pendekatan ini bertujuan memengaruhi perasaan dan membangkitkan respon emosional positif terhadap pelayanan iklan yang efektif secara emosional dapat membantu suatu merk berhubungan dengan audiens pada Tingkat yang lebih dalam.
Pendekatan Seacara Rasional
Pendekatan rasional dalam iklan berarti menyampaikan pesan iklan dengan logika, fakta, dan alasan yang meyakinkan. Iklan yang menggunakan pendekatan ini memberikan informasi spesifik tentang produk atau layanan untuk membuktikan klaimnya. Misalnya, iklan dapat menjelaskan bahan, kinerja, atau keunggulan produk dengan angka, data, atau penjelasan ilmiah.
Pendekatan Positioning
Pendekatan positioning atau pendekatan posisi merupakan suatu pendekatan komunikasi dalam iklan yang digunakan untuk menempatkan posisi produk di antara para pesaing produk lainnya. Pendekatan ini mengandalkan banyak media massa untuk promosinya yang bertujuan agar konsumen dapat mengetahui informasi yang lengkap mengenai produk tersebut. Positioning yang kuat dapat membantu brand Anda berdiri di tengah kompetisi yang ketat. Beberapa contoh iklan yang berhasil membangun positioning mereka melalui komunikasi yang jelas dan konsisten
Pendekatan Secara Preemptive