Lihat ke Halaman Asli

Implementasi Teori Pembelajaran Humanistik dalam Proses Pembelajaran i Sekolah Dasar

Diperbarui: 9 Juni 2024   12:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Implementasi Teori Pembelajaran Humanistik dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar, Teori Pembelajaran Humanistik adalah pendekatan yang berfokus pada pengembangan potensi dan aktualisasi diri siswa. Dalam implementasinya, teori ini memprioritaskan pengembangan keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Berikut adalah beberapa langkah implementasi Teori Pembelajaran Humanistik dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar:

1.Pembelajaran Berpusat pada Siswa:

Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa menemukan cara belajar yang efektif

Siswa diberikan kebebasan untuk memilih cara belajar dan menentukan tujuan sendiri.

2.Penciptaan Lingkungan Belajar yang Aman dan Mendukung

Lingkungan belajar yang aman dan mendukung memungkinkan siswa untuk berfokus pada proses belajar

Guru harus memastikan bahwa siswa merasa nyaman dan terstimulasi dalam belajar.

3.Penekanan pada Motivasi dan Keterlibatan Siswa

Guru harus memahami motivasi siswa dan membantu mereka menemukan motivasi belajar yang efektif.

Guru juga harus memastikan bahwa siswa terlibat aktif dalam proses belajar dan mengembangkan keterampilan kognitif dan afektif.

4.Pengembangan Potensi Siswa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline