A. Konsep Alat dalam Pendidikan Islam
Berbagai media digunakan sebagai alat bantu dalam pendidikan Islam untuk membantu proses pembelajaran. Buku, bahan pelajaran, dan teknologi informasi adalah beberapa jenis sumber daya yang digunakan dalam pendidikan Islam. Memilih sumber daya yang tepat dapat membantu meningkatkan standar pendidikan Islam yang sesuai dengan materi yang diajarkan dan karakteristik siswa serta menyediakan lingkungan belajar yang menarik dan kolaboratif akan mendukung pengembangan keterampilan siswa secara keseluruhan.
Sistem pendidikan sangat terpengaruh oleh teknologi yang berkembang pesat dan basis pengetahuan yang semakin berkurang. Akibatnya, media dan alat bantu lain yang digunakan dalam pendidikan Islam tidak kebal terhadap pengaruh teknologi yang muncul. Sehingga, materi dan media pendidikan Islam yang memanfaatkan teknologi modern memiliki potensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang tidak selalu dicapai oleh siswa itu sendiri.
Oleh karena itu, berikut ini adalah fungsi dari media/alat pendidikan yang sudah ada sejak dulu, tergantung dari kondisi teknologi dan pengetahuan pada saat itu:
- Membantu mempermudah pembelajaran bagi siswa dan guru.
- Memberikan pengalaman lebih nyata (abstrak menjadi kongkret).
- Meningkatkan tingkat perhatian siswa, sehingga meningkatkan semangat belajar.
- Setiap panca indra yang dimiliki oleh setiap individu murid dapat diaktifkan.
- Memiliki kemampuan untuk mencocokkan teori dengan kenyataan.
B. Jenis-Jenis Alat dalam Pendidikan Islam
Penjelasan tentang alat pendidikan Islam yang kasat mata dan tak kasat mata:
1. Alat pendidikan yang bersifat benda (materi)
Menurut Zakiah Drajat, alat pendidikan yang berupa benda adalah:
- Media tertulis, seperti Alquran, hadis, Tauhid, Fiqih, Sejarah.
- Benda-benda alam seperti binatang, manusia, tumbuhan, dan lain-lain.
- Gambar dirancang dalam bentuk grafik.
- Gambar yang diproyeksikan, seperti video.
- Audio recorder (alat pendengar) seperti kaset, tape, radio.
2. Alat yang bukan benda (non materil)
Media pendidikan/alat pengajaran immaterial bersifat abstrak dan digunakan terhadap peserta didik sebagai tindakan dan perilaku pendidik. Di antaranya sumber dan media pendidikan yang termasuk dalam kategori ini adalah: keteladanan, perintah, ganjaran, dan hukuman.
- Keteladanan
Umumnya manusia membutuhkan sosok yang dapat membimbingnya menuju kebenaran untuk mewujudkan keinginan tersebut, sebagaimana Allah menganggap Muhammad sebagai seorang nabi yang harus diikuti oleh manusia dan Ummat-Nya. Sebagai contoh, sebelum mengajarkan hukum-hukum-Nya kepada orang-orang yang akan mereka pimpin, Allah memerintahkan manusia termasuk para pendidik seperti raja untuk menaati perintah Allah dan Rasul sebelum mereka memimpin.
- Perintah