Lihat ke Halaman Asli

Yumna Qonaati

Mahasiswa

Mewujudkan Indonesia Emas 2045: Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Bangsa

Diperbarui: 3 November 2024   23:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KalderaNews/Ist

Pada tahun 2045 mendatang, Republik Indonesia genap memasuki usia 100 tahun pascakemerdekaan, oleh sebab itu hal tersebut membuat segenap rakyat Indonesia berdedikasi untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045. Dalam 4 pilar visi Indonesia 2045, pilar kesatu berbunyi : "Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi".

Berdasarkan pernyataan tersebut, hal yang harus diperhatikan dalam membangun Indonesia Emas 2045 adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia disertai pengembangan teknologi dengan menyadarkan pentingnya pendidikan khususnya bagi generasi penerus bangsa.

Kemendikbudristek (2022), melaporkan bahwa sekitar 3,5 juta anak-anak di daerah terpencil tidak dapat bersekolah yang disebabkan oleh keterbatasan infrastruktur dan kurangnya guru yang berkualitas. Selain itu, pengaruh geografis di beberapa wilayah Indonesia cukup memperihatinkan, terutama di daerah yang tergolong 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal).

Minimnya akses teknologi dan komunikasi di daerah 3T menimbulkan adanya pemikiran yang negatif terhadap pendidikan. Para orang tua menganggap bahwa pendidikan bukanlah suatu hal yang penting untuk anak-anak dan pendidikan tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur bahwa anak-anak mereka kedepannya akan sukses dan memiliki banyak harta. Pola pikir semacam ini yang menjadikan anak-anak di daerah 3T sulit untuk berkembang.

Tak hanya di daerah 3T, beberapa orang tua yang tergolong mumpuni juga masih beranggapan demikian, bahwa kesuksesan seorang anak hanya bisa diraih jika anak tersebut memasuki dunia kerja. Mengenyam pendidikan di bangku sekolah dianggap aktifitas yang membuang-buang waktu karena tidak dapat menghasilkan uang, padahal di bangku sekolah inilah anak dapat belajar berinteraksi dengan teman sebayanya, belajar menghormati guru yang tidak ada hubungan darah dengannya, belajar sopan santun dan patuh akan suatu peraturan yang berlaku, dan beberapa pembelajaran lain yang tidak didapatkan di lingkungan keluarga.

Upaya yang dapat dilakukan saat ini adalah memberikan penyuluhan kepada para orang tua yang masih menganggap bahwa pendidikan itu tidak penting dan tidak dibutuhkan bagi generasi muda Indonesia serta melakukan pemerataan pembangunan dan infrastruktur untuk menunjang adanya kegiatan belajar mengajar yang efektif khususnya di daerah 3T.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline