Lihat ke Halaman Asli

Mengulas Novel pada Senja yang Membawamu Pergi

Diperbarui: 7 April 2024   09:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Resensi buku fiksi

Identitas buku :
1. Judul buku  :  pada senja yang membawamu pergi
2. Penulis         :  Boy Candra
3. Penerbit       :  Gagasmedia
4. Tahun terbit :  2016
5.  kota terbit    :  jakarta
6.  Jumlah hlm : 246 halaman
7.  ISBN              : 978-979-780-864-8
 
Sinopsis buku :
    

 Buku  yang berjudul pada senja yang membawamu pergi merupakan buku fiksi buah karya dari seorang pengarang yang bernama Boy Candra, Ia adalah penulis berkebangsaan Indonesia yang memulai sepak terjang di dunia kepenulisan tahun 2013 dengan karya pertamanya berjudul origami hati.

 Sejak mengeluarkan buku pertamanya, karir nya pun melejit hingga beberapa tahun kemudian, mengeluarkan beberapa novel yang menjadi favorit dan menjadi daya tarik  bagi percinta novel salah satunya yaitu novel senja yang membawamu pergi.

     Buku ini menceritakan tentang sebuah kisah lika liku perjalanan hidup seorang mahasiswa, sebut saja namanya Gian Arianto, ia adalah mahasiswa rantau yang kini melanjutkan kuliah di salah satu universitas yang ada di padang. tokoh Gian di dalam novel  tersebut menjadi pemeran utama yang menjalin hubungan dengan seorang mahasiswi yang berhasil merebut hati Gian. 

Namanya adalah kaila, nama yang jika terdengar sangat indah untuk di kenang. Keduanya menjalin hubungan asmara kurang lebih sekitar 2 tahunan namun siapa sangka hubungan yang di awali dengan suka cita berakhir dengan meninggalkan duka yang sangat dalam.
    

 " uang bisa di cari, tapi kebahagiaan enggak pernah  bisa di beli ", ucap Gie kepada kaila.
     Mungkin setelah membaca sepenggalan kalimat tersebut hati terasa seperti campur aduk, kalimat tersebutlah yang di lontarkan kepada seorang pria yang berusaha meyakinan wanitanya bahwa ia sangat tulus kepadanya. 

Ternyata, alasan kandasnya hubungan Gie dan Aila adalah karena faktor ekonomi, kaila merupakan anak yang berasal dari keluarga kaya dan terpandang. Itulah yang menjadi penyebab keluarga kaila tak merestui hubungan keduanya untuk lanjut. Alasan yang jika di pikir sangat memilukan bagi Gie, seorang laki laki yang masih menata arah masa depan.
 

    Saat melewati fase fase berat ini tokoh Gie di gambarkan mempunyai beberapa orang sahabat yang bernama Putri, Rendi, dan Andri. Kehadiran mereka membawa energi positif yang dulunya hampir sirnah dan sekarang mulai kembali lagi. Mereka mempunyai kebiasaan untuk menghabiskan waktu di pantai. Mungkin bagi Gie ketika melihat pantai dan senja bisa menyembuhkan luka lukanya.
  

   Pada suatu hari, Gie tak sengaja bertemu dengan seorang mahasiswi yang ternyata adalah teman satu kampusnya. Gadis itu bernama Aira. Mereka pun berkenalan . Dari hari ke hari hubungan keduanya semakin dekat dan timbul lah benih benih cinta di antara keduanya. 

Namun, Gie pada saat itu belum berani mengungkapkan perasaannya kepada Aira. Hingga sampailah pada saat Aira memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke Jepang. Bagi Gie keberangkatan Aira membuat hatinya yang sembuh kini terluka lagi namun apa boleh buat ia tak bisa berbuat apa apa, yang bisa ia lakukan adalah fokus untuk skripsi agar wisuda secepatnya dan mengejar masa depan.
    

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline