Lihat ke Halaman Asli

Nayla Nuzula

mahasiswa

Kisah Hikmah: Menghidupkan Sunnah dalam Tafsir dalam surah Al-Imran 104 & An-Nahl 125

Diperbarui: 17 Mei 2024   18:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Surah Ali Imran/3:104

Surah Ali Imran, surah ketiga dalam Al-Quran, terdiri dari 200 ayat.

Surat Ali Imran masuk ke dalam kelompok Surat Madaniyyah karena diturunkan di Kota Madinah pada tahun 9 Hijriyah. Dia juga disebut Az-Zahraawani (dua kali).

yang luar biasa) bersama dengan Surat Al-Baqarah karena keduanya mengungkapkan hal-hal yang ahli kitab sembunyikan, seperti kelahiran Nabi Isa AS dan kedatangan Nabi Muhammad sebagai utusan Allah.

Dalam hal surah Ali Imran, tujuannya adalah untuk menganut tauhid. Kisah keluarga Imran diceritakan dalam Surat Ali Imran, mulai dari kelahiran Maryam, putri Imran, hingga kelahiran nabi Isa AS, putri Maryam. Membaca surat-surat Ali Imran memiliki banyak manfaat. Salah satunya akan menerima syafa'at pada hari Kiamat.

Bagaimana bunyi lengkap Ali Imran ayat 104? Berikut bacaan beserta arti dan tafsirnya.

 

Arab-Latin: "Waltakum mingkum ummatuy yad'na ilal-khairi wa ya`murna bil-ma'rfi wa yan-hauna 'anil-mungkar, wa ul`ika humul-muflin"

Artinya: "Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung."

Melakukan perbuatan baik dan mengajak orang lain kepada kebajikan adalah tanggung jawab semua orang yang beragama Islam. Sebagaimana disebutkan di atas, prinsip amar ma'ruf nahi munkar

diuraikan dalam ayat 104 Surah Ali Imran. Dalam Surah Ali Imran ayat 104 disebutkan bahwa ada perlunya kelompok yang memiliki pendapat dan tindakan yang dapat dicontoh. Sesuai dengan petunjuk Allah SWT, kelompok tersebut terus mengajak orang untuk melakukan kebaikan. Ini ditunjukkan dalam Surah Ali Imran ayat 104 dengan seruan bagi kaum muslim untuk berdakwah menyebarkan ajaran Islam dengan benar dan dengan kesadaran, baik kepada orang-orang terdekat mereka maupun masyarakat umum.

Tafsir Surat Ali imraan ayat 104.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline