Lihat ke Halaman Asli

Mengenal arti Pathos, Logos dan Ethos dalam Retorika

Diperbarui: 28 Mei 2024   22:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Milik Pribadi

Oleh: Syamsul Yakin & Nayla Nazmi Mahira

Dosen Retorika & Mahasiswi Jurnalistik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Arti Pathos (Pathos adalah seruan retoris terhadap emosi.) yang dimana seorang komunikator atau pembicara memiliki teknik khusus dalam menciptakan suasa pembicaraan seperti kesedihan yang bisa membuat pendengar tersentuh mendengarnya. 

Kemampuan emosional yang baik dalam mengelola emosi dan empati serta persuasi. Dari kadar empati dan persuasi itu, akan terbangun komunikasi yang produktif.

Dalam retorika klasik, Logos atau kumpulan bukti dengan arti lain sarana persuasi yang menunjukkan bukti logis maupun nyata. Jamak : logoi. Disebut juga dengan argumen retoris, pembuktian logis serta daya tarik rasional.

secara singkat, Ethos merupakan penentuan kredibilitas seorang pembicara, apakah sang pembicara dapat dipercaya atau tidaknya, dibuktikan dengan Logos.

Ethos yang berkaitan dengan etika adalah kekuatan yang komunikator miliki (pembicara) dari karakter pribadinya, sehingga segala ucapannya dapat dipercaya. Ethos ini yang menentukan reputasi sang pembicara

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline