Lihat ke Halaman Asli

Menulis Setiap Hari

Diperbarui: 4 September 2019   11:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Indeks Jakarta/Wijaya Kusumah

Penulis: Wijayah Kusuma, S. Pd, M. Pd.

Penyunting isi dan bahasa: Yuan Acitra, S. E.

Penata letak: Kancilmas

Penyelaras: Marcella Virginia 

Pemodifikasi Desain sampul: Haris Juniarto 

"Menulis dan membaca adalah dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Tak ada penulis yang tidak rajin membaca. Semua itu berproses yang dimulai dari adanya ide", 3 kalimat dalam buku ini yang mengawali segala penjelasan. Dengan menulis setiap hari, kreativitas akan meningkat. Disini, Om Jay sangat yakin bahwa kegigihan serta komitmen yang kuat terutama dalam hal menulis dan membaca sangat akan membuahkan hasil bukan cuma untuk masa kini, namun juga masa depan. "Jangan ragu dan takut salah. Teruslah menulis, karena dengan menulis Anda akan melatih otak, mata, dan bibir Anda agar bersinergi dengan kedua tangan Anda. Bila otak, mata, bibir, dan tangan sudah menyatu, maka akan terlahirlah tulisan yang bermutu", ucap Om Jay dalam buku tersebut yang memotivasi orang-orang yang membaca buku ini. 

Salah satu slogan yang memotivasi Om Jay untuk terus menjalankan hobinya adalah "Baca buku buka dunia". Slogan tersebut mengandung banyak sekali arti yang mendalam dalam kehidupan sehari-hari. Om Jay menyebutkan bahwa pada masa kini, masyarakat belum menjadikan membaca sebagai kebiasaan. Menurutnya, kebiasaan membaca tidak boleh dihilangkan walaupun sudah tercipta teknologi yang memudahkan segalanya, mulai dari mencari informasi hingga mencari hiburan. 

"Mengapa kita suka mengantuk ketika membaca buku? Mengapa itu sampai terjadi? Karena buku tidak dijadikan sebagai sarana melihat dunia yang lain. Ketika kita membaca buku, maka sering kali kita tak fokus dengan apa yang kita baca. Sering kali terjadi gangguan konsentrasi yang mengakibatkan kita tak bisa menangkap pesan yang disampaikan oleh penulisnya", jelas Om Jay. Ya benar, seringkali anak-anak maupun orang dewasa di masa kini terlena dengan buku dan mengandalkan teknologi. Susah fokus dalam membaca menjadi salah satu hambatannya sehingga kita mengantuk saat membaca buku. 

Didalam buku ini, Om Jay juga merekomendasi beberapa buku untuk dibaca para pembacanya seperti Baca Kilat karangan Agus Setiawan. Buku ini memotivasi seseorang untuk berkomitmen membaca dan menulis karena buku ini memaparkan dampak positif, cara, serta opini dari Om Jay tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline