Lihat ke Halaman Asli

Nayla Sasti Ifadza

Mahasiswa S1 Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Jangan Takut, Singgah ke Ruang BK Yuk!

Diperbarui: 27 November 2022   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hallo sobat kompasiana!

Ketemu lagi nih sama aku, kita belajar bareng yuk...

Ruang BK beserta guru-guru didalamnya, tentu bukan lagi menjadi hal yang asing di telinga sobat kompasian. Tapi ternyata masih banyak banget loh yang bahkan tidak tau siapa nama guru BK di sekolahnya. Hal ini disebabkan karena masih banyaknya definisi tak indah mengenai ruangan dan guru-guru didalamnya.

Disekolah kalian pasti ada ruang BK kan? Siapa nih yang pernah 'singgah' ke ruang BK?

Hayoo siapa disini yang memiliki stigma kalau masuk ruang BK itu seremm!! Ruang BK hanya untuk anak-anak bermasalah, nakal, pokonya yang negatif-negatif gitu deh...

Atau sebaliknya, ada gak sih yang senang sekali pergi ke ruang BK untuk melakukan konsultasi atau bahkan mencari solusi dari masalah yang cukup rumit dan tidak kalah bikin pusing dibanding rumus-rumus matematika? Hahaha.. Yuk sini baca tulisan ini sampai habis yaa. Aku akan mencoba mengupas sisi lain dari guru BK beserta ruangannya yang konon katanya penuh misteri.

Hmm.. sebelum itu sobat kompasiana perlu tau nih, BK itu singkatan dari "Bmbingan dan Konseling" tuh kan, dari istilahnya aja udah gak serem kok. Berarti kalau masuk BK itu harusnya sih keluar bukan bawa hukuman tapi justru dapet solusi dong ya? Eh, seriusan gitu?

Jadi pada penasaran kan kalo 'singgah' ke ruang BK itu kita bisa dapat apa aja? Nih, berikut ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan di ruang BK dan tentunya kalian akan dapat benefitnya juga dong. Simak dulu yuk!

Yang pertama, kalian bisa mendapatkan layanan bimbingan. Melalui layanan bimbingan ini, kalian bisa mendapatkan pengarahan dari guru BK selaku konselor di sekolah untuk membantu kalian memahami diri kalian sendiri, orang lain, dan lingkungan.

Kedua, kamu akan lebih mudah meraih prestasi. Kok bisa? Karena guru BK akan membantu kalian untuk memahami apa potensi, bakat, dan minat yang ada pada diri kalian yang bahkan mungkin sebelumnya tidak kalian sadari keberadaannya. Guru BK juga akan mengarahkan kalian untuk mengetahui kira-kira langkah apa yang bisa kalian ambil selanjutnya berdasarkan dari potensi, bakat, dan minat yang kalian miliki.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline