Lihat ke Halaman Asli

Moh Nur Nawawi

TERVERIFIKASI

Founder Surenesia

Berkah Digitalisasi Bagi UMKM

Diperbarui: 20 Desember 2022   08:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: https://jakartakita.com/2020/12/01/400-umkm-bakal-meriahkan-ajang-umkm-export-brilianpreneur-2020/

Geliat pertumbuhan bisnis berbasis digital maupun pemasaran berbasis digital saat ini telah tumbuh pesat. Pandemi Covid-19 berdampak pada keterbatasan mobilitas masyarakat sehingga mendorong munculnya kreativitas dan inovasi dalam kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan platform digital. Salah satunya, pertumbuhan bisnis berbasis digital maupun bisnis dengan strategi pemasaran digital.

Kondisi perkembangan digital yang sangat cepat mendorong para pelaku usaha untuk mampu adaptasi dan melakukan kreasi dengan pendekatan digital karena hal tersebut adalah sebuah keniscayaa. Kemampuan adaptasi para pelaku usaha akan menemukan peluang baru untuk pertumbuhan bisnisnya, serta akan tetap survive di era digital. Namun, bagi pelaku bisnis sekala usaha mikro, kecil dan menengah masih terkendala dengan banyaknya pelaku UMKM yang belum melek digital, sehingga pemanfaatan platform niaga online menjadi kurang maksimal.

Dilihat dari sisi kualitas produk, dimana produk dalam negeri saat ini tidak kalah kualitasnya dibandingkan buatan asing. Kelemahan produk dalam negeri khususnya produk UMKM terletak pada Branding dan pemasaran. Untuk itu digitalisasi harusnya menjadi berkah bagi para pelaku UMKM. Mereka harus mengoptimalkan pemanfaatan digital untuk meningkatkan kualitas produk serta memperluas jangkuan pemasaran.

Dengan digitalisasi para pelaku UMKM mampu memasarkan produknya dengan mudah memnfaatkan platform media sosial maupun platform marketplace online. Salah satunya yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM adalah platform digital milik Bank Rakyat Indonesia (BRI), dimana sebagai wujud kepedulian terhadap peningkatan produktivitas pelaku UMKM, BRI Sejak tahun 2019, mengisisiasi UMKM EXPO BRILianpreneur dan hingga saat ini telah menjadi pameran industri yang khas dan kreatif, menampilkan karya-karya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terbaik Indonesia melalui berbagai instalasi seni yang mempesona.

Di masa COVID-19, dimana UMKM paling terpapar dampak ekonomi pandemi, BRI semakin menegaskan komitmennya untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui beberapa langkah konkrit, yang difokuskan pada upaya pemulihan UMKM dengan mendorong mereka untuk Go Digital.

BRI memiliki framework pemberdayaan yang sudah menunjukan hasil yang signifikan. Model pemberdayaan BRI tersebut cocok dengan perilaku usaha mikro dan ultra mikro. BRI memiliki modul dari literasi basic sampai digital . Aktivitas pemberdayaan pelaku UMKM yang diinisiasi oleh BRI menyematkan Bank BUMN tersebut sebagai BRIPahlawanFinansial

Jum'at 16 Desember 2022 BRI genap berusia 127, dimana BRI menjadi lembaga keuangan sahabat pelaku UMKM yang terus tumbuh dan Tangguh, BRI merayakan HUT127BRI dengan beragam inovasi dan kepedulian terhadap pelaku UMKM dengan mendorong produktivitas mereka dengan memanfaatkan digitalisasi. BRI juga mengoptimalkan peran digitalisasi dalam mendorong tumbuh kembang sektor bisnis UMKM di Indonesia.

Pelaku bisnis UMKM adalah penyangga ekonomi negeri ini, dimana mereka harus mampu menfaatkan digitalisasi sebagai pendorong optimalisasi produksi mereka, Berkah digitalisasi bagi pelaku UMKM adalah ditandai dengan mudahnya para pelaku UMKM mejual produknya. Sehingga kondisi tersebut memperluas pasar produk pelaku UMKM.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline