Lihat ke Halaman Asli

Moh Nur Nawawi

TERVERIFIKASI

Founder Surenesia

Ucapan Harta yang Disedekahkan

Diperbarui: 17 Juni 2015   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sedekah , hal yang semua orang pasti mengetahui dan memahami apa itu yang dinamakan sedekah bagi muslim sedekah bukan hanya hal yang bermanfaat tapi sebuah anjuran dan keutamaan. sedekah adalah amalan terbaik bagi muslim hal tersebut sesuai dengan apa yang diterangkan oleh Ali Bin Abi thalib karomahu wajhah beliau menerangkan " Barang yang disedekahkan apa bila telah lepas dari tangan sang pemberi sedekah, ketika akan diterima oleh tangan orang yang menerimanya,  ia akan mengucapkan lima kalimat " :


  1. Aku adalah barang yang kecil dan sedikit nilainya, sekarang engkau telah membesarkan aku dihadapan Allah SWT.
  2. Aku awalnya adalah Barang yang sedikit, tak begitu bernilai, sekarang karenamu aku telah jadi bernilai banyak di hadapan Allah SWT.
  3. Pada Awalnya Aku adalah musuhmu , sekarang aku telah menjadi sahabat karibmu.
  4. Semula aku adalh barang yang mudah rusak, tapi sekarang karenamu aku menjadi barang yang abadi.
  5. Dulu akulah yang engkau jaga dari para pencuri , sekarang kau akan kujaga dari siksa api neraka dan siksa kesusahan dan kesempitan.


Begitu besar manfaat sedekah, harta sedekah mungkin tak begitu bernilai dan sangat kecil, kita tahu berapapun jumlah uang akan tetap tersa kecil jika uang itu tidak bisa mencukupi kebutuhan kita, ambil saja contoh kita memiliki uang satu milyar tapi pada saat yang bersamaan kita atau keluarga kita ditimpa musibah sakit yang memerlukan biaya yang begitu besar, sehingga uang satu milayarpun akan terasa kurang. seberapa banyak dan melimpah harta kita akan terasa kecil dan sedikit jika hati kita di penuhi ambisi keserakahan, dengan sedekah harta kita akan jadi lebih bernilai dan berkah.

Mendengar kata sedekah kita akan ingat salah satu ustadz yang terkenal yaitu ustadz Yusuf mansur, beliau adalah ustadz yang selalu mengabarkan akan betapa bermanfaat sedekah bagi keterlimpahan harta yang kita miliki, barang siapa menyedekahkan hartanya maka Allah akan mengembalikan hartanya tadi minimal sepuluh kali lipat, hal ini senada dengan ucapan harta yang disedekahkan bahwa dia akan berlipat ganda dan banyak. Masih ingat ustadz Yusuf mansur kan ??.. beliau selalu mengajarkan tentang matematika sedekah sebuah matematika atau perhitungan yang jauh berbeda dengan perhitungan Matematika pada umumnya. 10 - 1 akan jadi 9 jika dihitung oleh matematika biasa, tapi matematika sedekah akan berkata lain jika kita punya uang 1.000.0000 dan kita sedekahkan 500.000 maka sesuai janji Allah uang kita bukan berkurang dan jadi 500.000 tapi akan bertambah menjadi 5.500.000 ia benar uang yang kita sedekahkan tai akan berlipat ganda 10 kali lipat.. Subhanallah tunggu apa lagi , ayo !!! maka bukan hal yang aneh jika ingin kaya kita disarankan untuk perbanyak sedekah...

Tidak jarang harta akan menjadikan manusia berhati batu, meracuni otak manusia dimana atas keserakahan manusia tersebut bisa berbuat aniaya pada sesama, banyak osaudara saling bunuh karena berebut warisan , para pengusaha bersaing keji dan saling menjatuhkan karena berebut keuntungan ( harta ), sudah tidak sedikit lagi orang - orang disekeliling kita yang waktu belum berharta rajin sholat, ibadah, pergi ke majelis ta'lim tapi setelah berharta dia lupa dan bukan masjid yang sering dia datangi tapi tempat - tempat maksiat dan keangkara murkaan oleh karena itu sedekah adalah solusi untuk menjadikan harta kita sebagai sahabat karim yang selalu buat kita tenang dan bahagia.

Tak ada mahluk dan barang didunia ini yang abadi dan kekal karena keabadiaan hanyalah milih Allah sang penggenggam jiwa,  satu satunya jalan agar harta kita kekal dan bisa kita bawa hingga akhirat kelak hanyalah dengan disedekahkan .. kita ingan pesan Baginda Nabi bahwa kan terputus amalan/pahala setiap umat kecuali tiga perkara pertama Harta yang disedekahkan dijalan Allah ( Shodaqoh Jariyah ), Ilmu yang bermanfaat dan anal sholeh dan sholehah yang senantiasa mendoakan kedua orang tuannya.

Ketika kita memiliki harta yang berlimpah alkan timbul rasa was - was dan takut akan kehilangan, kecurian, kerampokan dan lain - lain, kadang kita bingung mau menyimpan dimana yang buat kita tenang, solusi yang tepat untuk itu adalah disedekahkan.. iya, karena harta yang disedekahkan dapat melindungi kita dari mara bahaya dan kesusahan.

Begitu besar pahala sedekah dan manfaatnya,.. mari saling memahami makna harta yang kita miliki,..

Semoga bermanfaat

Dari berbagai sumber ( Awie )




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline