Lihat ke Halaman Asli

Nawang Wulan

Universitas Negeri Malang

Wujud Kontribusi Nyata, Mahasiswa UM Berkolaborasi Melalui Pembelajaran Bahasa

Diperbarui: 23 Agustus 2024   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Nudiyalista Khusna

Malang, Agustus 2024 -- Mahasiswa Universitas Negeri malang (UM) melaksanakan sebuah penelitian yang berfokus pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian kualitatif mengenai implementasi asesmen diagnostik dalam menentukan strategi pembelajaran menulis artikel ilmiah populer di SMPN 6 Malang bersama siswa kelas VIII telah selesai dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan selama bulan Juni hingga Agustus 2024 dengan tujuan untuk memahami bagaimana asesmen diagnostik dapat digunakan sebagai alat untuk menilai kemampuan awal siswa dan merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif.

Penelitian yang diinisiasi oleh tim peneliti dari lembaga pendidikan ini melibatkan 30 siswa kelas VIII di SMPN 6 Malang. Dalam prosesnya, para peneliti menggunakan metode tes tulis berbentuk permainan sebagai asesmen diagnostik, untuk mengidentifikasi keterampilan menulis awal para siswa. Tes tulis ini berisikan 10 soal yang dibagi dalam aspek pengertian teks, kebahasaan dan kepenulisan. Dari hasil asesmen diagnostik kognitif tersebut, ditemukan bahwa siswa memiliki variasi kemampuan dalam hal pemahaman struktur artikel ilmiah populer, penggunaan bahasa, dan cara menyajikan gagasan secara ilmiah tetapi tetap dapat dipahami oleh masyarakat umum. Fokus utama pembelajaran ini adalah mengembangkan keterampilan menulis siswa dengan memperhatikan kesesuaian topik, struktur artikel, dan penyampaian informasi yang efektif. Selama pelaksanaan penelitian, ditemukan bahwa asesmen diagnostik mampu membantu guru untuk menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan individu siswa.

Sumber: Nudiyalista Khusna

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi model yang berguna bagi sekolah lain dalam menerapkan asesmen diagnostik sebagai bagian dari strategi pembelajaran yang lebih individual dan efektif, terutama dalam keterampilan menulis artikel ilmiah. Selain itu, penelitian ini juga memberikan wawasan tentang pentingnya pemahaman terhadap kemampuan awal siswa sebelum merancang pembelajaran yang optimal.

Dengan keberhasilan penelitian ini, SMPN 6 Malang berharap dapat terus mengembangkan metode pengajaran yang berpusat pada kebutuhan siswa, serta meningkatkan kualitas pendidikan di bidang literasi dan penulisan ilmiah di kalangan siswa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline