Lihat ke Halaman Asli

navisha putri

mahasiswa unair

Era Society 5.0 dengan Sistem Pembelajaran yang Lebih Efektif dan Menarik

Diperbarui: 25 Agustus 2022   04:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Navisha Putri V

NIM : 013221008

Prodi : Perpajakan

Kelompok : Basudewa

 

Menurut Kantor Kabinet Jepang, Society 5.0 didefinisikan sebagai masyarakat yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan menyelesaikan masalah sosial melalui sistem yang sangat mengintegrasi ruang maya dan ruang fisik. Jepang telah melakukan deskripsi terhadap Society 5.0, yaitu Signifikasinya Society 5.0 mengarah pada perkembangan teknologi, tetapi sangat mempertimbangkan peran masyarakat atas terjadinya revolusi industri 4.0, Era Society 5.0 menawarkan masyarakat yang berpusat pada manusia, Society 5.0 menyeimbangkan antara kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang menghubungkan antara dunia maya dan dunia nyata, Society 5.0 adalah data yang meghubungkan dan menggerakkan segalanya, Society 5.0 bertujuan untuk membantu mengisi kesenjangan ekonomi, dan melalui Society 5.0 diharapkan layanan pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi dan layanan kedokteran akan sampai ke desa-desa kecil. 

Di era society 5.0 juga menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan tentunya tidak lepas dari adanya seorang pendidik yang kreatif. Apa lagi pada masa seperti sekarang ini dimana kegiatan pembelajaran dituntut untuk dihadirkan dengan metode pembelajaran secara daring. Kegiatan pembelajaran secara daring sudah berlangsung kurang lebih delapan bulan dan tidak terlepas dari berbagai macam tantangan, mulai dari kurangnya vasilitas bejar seperti laptop, Hp, dan internet. Seorang pendidik dalam dunia pendidikan tentunya memiliki peranan yang sangat penting bahkan dapat dikatakan sebagai ujung tombak dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan memiliki dedikasi yang tinggi guna mewujudkan masa depan bangsa yang lebih baik lagi. Karena dengan melakukan hal tersebut seorang pendidik dapat merancang strategi apa yang akan diterapkan baik itu berkaitan dengan media, metode dan perangkat pembelajaran lainnya yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Seorang pendidik harus mampu menganalisis permasalahan yang ada di lapangan sehingga dapat dengan mudah menentukan selusi yang akan diambil. Dan SDM yang bermutu sangat berkaitan dengan kualitas pendidikan. Pada saat ini bangsa Indonesia sedang berada pada Revolusi Industri 4.0 dan akan bersiap untuk menyongsong atau memasuki era society 5.0. Dalam hal ini bangsa Indonesia perlu melakukan persiapan diri dengan mencetak generasi penerus yang bermutu. Dan dalam mewujudkan hal tersebut tentunya tidak lepas dari peran seorang pendidik.

Dunia pendidikan memiliki peranan yang sangat crucial dalam menciptan masa depan suatu negara. Pada saat ini bangsa Indonesia sedang berada pada Revolusi Industri 4.0 dan akan bersiap untuk menyongsong atau memasuki era society 5.0. Seorang pendidik dalam kegiatan pembelajaran memiliki peranan atau fungsi yang sangat penting atau crusial karena seorang pendidik harus dapat membantu peserta didik untuk menemukan selusi dari permasalahan yang ada serta membuat inovasi-inovasi dari sember permasalahan tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline