Lihat ke Halaman Asli

Navisa 30

Blog pribadi

Marketing Plan Menurut Kelompok 5 Mahasiswa IAIN Jember

Diperbarui: 9 April 2020   19:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Marketing plan. Tau ngga sih apa itu marketing plan ? Yuk kita bahas. Marketing plan adalah sebuah pemasaran dalam menerapkan strategi marketing atau cara pemasaran untuk mencapai target dalam menjalani bisnis. Jadi misal adalah seorang pemula dalam berbisnis marketing plan cocok lho untuk kita. Dalam marketing plan ada nsur-unsur marketing plan yaitu :

1. Ringkasan dan tujuan perusahaan.
2. Tentukan target dan standart yang harus di capai.
3. Tetapkan konten promosi.
4. Kenali kompetitor/lawan usaha kita.
5. Tetap fokus dan prioritas.
6. Tetapkan bugjet.
7. Segmentasi

Selanjutnya yaitu cara dan rangcangan dalam marketing plan. Marketing plan merupakan bagian dari bisnis atau perencanaan perusahaan yang mana merupakan serangkaian dari aktifitas yang berhubungan dengan tujuan pemasaran dan perusahaan.

Jika anda adalah seorang usaha agar brand atau produk anda bisa terkenal dikalangan masyarakat, pelanggan atau konsumen maka anda harus mengetahui dan dapat menerapkan marketing plan ini dengan baik lho teman-teman.

Menggunakan marketing plan ini harus bisa mengevaluasi secara terus menerus terkait dengan marketing plan yang anda buat seperti apa agar dapat mencapai target. anda bisa mengukur kecapain produk anda dari masukan atau komentar dari konsumen atau pelanggan. Agar bisnis kita berjalan dengan baik yuk simak langkah-langkah marketing plan. Yaitu :

1. Buat Executive Summary
2. Tentukan Target Customer
3. Jelaskan Unique Selling Preposition (USP)
4. Tetapkan Strategi Harga dan Positioning
5. Rencanakan Kegiatan Distribusi yang Jelas
6. Tawarkan Apa yang Dapat Anda Berikan

Targeting dan positioning

Targeting menurut daryanto adalah sebuah proses mengevaluasi daya tarik segmen pasar dan memilih satu atau beberapa untuk dimasuki. Jadi kita bisa mengambil kesimpulan bahwasanya targeting adalah suatu proses mengevaluasi kebutuhan pasar sesuai  produk perusahaan.

Margeting juga mempunyai beberapa manfaat, yaitu yang pertama menyederhanakan penyesuaian strategi bauran produk dan pemasaran ke pasar referensi, Pengembangan posisi produk dan strategi bauran pemasaran (bauran pemasaran), nah jika posisi produk kita masih dilevel bahwah kita harus dapat mengembangkan posisi produk kita. Kedua dengan mengidentifikasi bagian-bagian pasar yang sebenarnya dapat dilayani, perusahaan dapat berada dalam posisi yang lebih baik. Jadi kita bisa mengidentifikasi bagian-bagian pasar yang mana yang dapat dilayani maka oleh itu perusahaan kita dapat menjadi lebih baik.

Ketiga, mengantisipasi persaingan. Mengantisipasi persaingan maksudnya ialah kita harus siap akan pesaing-pesaing yang ada disekitar lingkungan kita dan kita harus siap menerima resiko dari pesaing-pesaing bisnis kita.Keempat menggunakan sumber daya perusahaan secara efisien dan efektif jadi kita dapat menggunakan sumber daya perusahaan dengan efesien dan efektif agar bisnis tercapai dengan baik. Kelima yaitu kita dapaet mengakses peluang pasar yang lebih luas.

Strategi produk. Apa sih strategi produk itu ? Nah strategi produk itu adalah rencana  atau cara bagaimana kita memasarkan produk itu sendiri. Sedangkan produk itu ialah suatu barang yang akan kita pasarkan jadi produk itu ialah suatu inti untuk suatu pemasaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline