Lihat ke Halaman Asli

Navil Lll

Hari ini

Peran Mahasiswa dalam Menegakkan Pancasila

Diperbarui: 30 November 2021   21:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Salah satu bunyi dari Pancasila adalah “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia” yang merupakan sila ke-5. Perwujudan bangsa Indonesia sebagai implementasi sila ke-5 adalah Indonesia merupakan negara hukum.

Nilai sila ke 5 Pancasila mengamanatkan bahwa semua warga negara mempunyai hak yang sama di hadapan hukum namun realita kehidupan sekarang hukum di Indonesia sekarang tidak sesuai dengan harapan, hukum tentunya harus diterapkan dengan adil,yaitu suatu tuntutan untuk selalu berpihak pada yang benar serta antara hak dan kewajiban haruslah seimbang tanpa adanya pihak yang harus diberatkan.

Undang undang yang berisi aturan aturan semakin tidak masuk diakal,Pancasila seakan tidak lagi menjadi prioritas dalam menentukan Pedoman sebuah negara,tetapi  oleh integrasi bangsa.

Kita sebagai penerus bangsa selayaknya dituntut lebih banyak bergerak dalam membuat perubahan yang baik.kecintaan bangsa pemuda adalah harapan bagi masa depan bangsa di dalam situasi yang senantiasa tumbuh dan berkembang di era globalisasi ini,menuntut peran aktif pemuda sebagai kekuatan moral,kontrol sosial dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional.selain itu,dalam pembangunan nasional pemuda diharapkan mampu bertanggung jawab dalam menjaga Pancasila.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline