Lihat ke Halaman Asli

Navara Darisya

Mahasiswa S-1 Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Airlangga

Alasan Jadi Panitia Pensi Sekolah sebagai Ajang Pengembangan Diri

Diperbarui: 15 Juni 2022   18:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pensi atau yang merupakan singkatan dari Pentas Seni merupakan sebuah acara tahunan pelajar SMA yang menjadi tradisi turun-menurun sejak sejarah perintisannya. Seperti yang diketahui bahwa pelopor terbentuknya Pensi berasal dari SMA De Britto Yogyakarta oleh Bayu Wargo dkk pada tahun 1984 silam.

Tujuan awalnya untuk membuat ruang bangi anak-anak muda berekspresi agar tidak terjadi sebuah tawuran. Sedangkan, isi dari Pensi dahulu hanya berisi kegiatan yang menyenangkan untuk seusia remaja SMA. Selain itu, Bayu pun merasa harus memberi ruang pada anak yang memang memiliki bakat pada bidang seni dan ada baiknya jika hal tersebut dapat ditampilkan kepada umum. Agar mendapat apresiasi dan tentunya dapat meningkatkan kemampuan dan semangat.

Setelah sukses, sekolah lain pun merasa bahwa kegiatan tersebut memberikan dampak yang baik pada anak-anak muda. Hingga saat ini, pensi SMA mulai mudah ditemui dan bahkan semakin berskala besar. Pensi sekarang sudah dapat mengundang penyanyi ibu kota dan berisi acara yang lebih kreatif dan variatif.

Pensi sekolah sobat juga pernah ngundang penyanyi ibu kota atau ga nih?

Semakin besar suatu pensi, semakin kompleks pula hal yang akan diurus oleh panitianya. Semakin lebih banyak pekerjaan, jumlah panitia yang ada juga makin banyak.

Panitia pensi sendiri juga berasal dari murid dari sekolah yang mengadakan, loh!!Biasanya mereka akan menentukan seluruh konsep Pensi sekitar 9 bulan sebelum pembahasan. Wah.. Bukan waktu yang sebentar, ya.. Mereka juga mulia mengerjakan jobdesk sesuai dengan jabatan mereka. Dari sana banyak hal ekplisit yang bisa jadi ajang pengembangan diri para anak muda, loh!!

Terbangun Komunikasi Profesional

Semakin sering ngobrolin soal pensi banyak obrolan lintas pekerjaan yang membuat komunkasi semakin berkualitas. Semua hal yang dibicarakan berdasarkan pada fakta karena merancang suatu kegiatan butuh fakta-fakta lapangan yang harus diketahui. Jadi bisa nambah skill public speaking kamu kalo jadi panitia Pensi.

Jadi Individu Penuh Pertimbangan Yang Matang

Hal ini membantu kamu untuk menjadi orang yang hanya ngga cuma main ikut insting. Jawaban kamu jadi lebih berbobot dan dapat diukur kelebihan atau kekurangannya.

Membentuk Jejaring Baru Yang Lebih Luas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline