Lihat ke Halaman Asli

MUHAMMAD NAUVAL PRASETYA

Mahasiswa Ilmu Komunikasi - Asia Cyber University

Segmenting Targeting dan Positioning pada Produk Le Minerale

Diperbarui: 8 Desember 2023   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

screenshot web: https://www.leminerale.com/about

Segmenting Targeting dan Positioning (STP)

Dalam dunia pemasaran, ada istilah STP yang merupakan singkatan dari segmenting, targeting, dan positioning. STP adalah sebuah strategi pemasaran yang bertujuan untuk membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil, kemudian memilih satu atau lebih kelompok yang paling potensial untuk menjadi target pasar, dan akhirnya menentukan posisi produk di benak konsumen.

Penjelasan kali ini, kami akan menjelaskan penempatan STP pada produk air mineral yang dipasarkan pada Masyarakat yaitu Le Minerale, berikut akan kami jabarkan sebagai berikut:

  • Segmenting

Pasar produk lemineral dapat dibagi menjadi beberapa segmen berdasarkan karakteristik tertentu, seperti:

  • Demografis. Segmen berdasarkan demografis dapat dibagi berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan pendapatan. Misalnya, segmen berdasarkan usia dapat dibagi menjadi segmen anak-anak, remaja, dewasa, serta lansia. Le Minerale dalam hal ini menempatkan produknya sebagai produk yang dapat digunakan oleh berbagai usia mengingat produknya yang berupa air mineral.
  • Geografis. Dalam hal ini Le Minerale memfokuskan produk untuk dapat dipasarkan secara merata bagi daerah-daerah yang sulit mendapatkan air mineral siap minum yang sulit dijumpai. Misalnya saja daerah perkotaan serta daerah pedesaan yang sulit mengakses air bersih.
  • Psikografis. Segmen berdasarkan psikografis dapat dibagi berdasarkan gaya hidup, kepribadian, dan nilai-nilai. Kali ini Leminerale menempatkan produk ditangga atas Dimana dalam satu kemasan air mineral, mendapatkan manfaat Kesehatan air pegunungan yang bersih, praktis, dan dijamin keasliannya.
  • Perilaku. Segmen berdasarkan perilaku dapat dibagi berdasarkan frekuensi penggunaan, loyalitas merek, dan manfaat yang dicari. Dengan ini Le Minerale digambarkan sebagai produk air mineral yang praktis dan sehat mengikuti gaya prilaku Masyarakat yang membutuhkan air mineral siap saji yang mudah didapat dan sehat dengan harga yang terjangkau.

  • Targeting
  • Berdasarkan analisis segmenting, segmen yang paling potensial untuk menjadi target pasar produk lemineral adalah segmen masyarakat umum yang sadar akan kesehatan. Segmen ini memiliki ukuran yang besar, pertumbuhan yang tinggi, dan profitabilitas yang tinggi.

  • Positioning
  • Untuk produk lemineral, positioning yang dapat menarik perhatian konsumen adalah positioning sebagai produk yang sehat dan menyegarkan. Positioning ini dapat dicapai dengan memberikan informasi yang jelas tentang manfaat kesehatan dari produk lemineral, serta kemasan dan desain yang menarik.
  • Berikut positioning Le Minerale sebagi padangan produk dimasyarakat:
  • "Kebaikan mineral yang terlindungi"
  • "untuk saya yang sangat mobile dan aktif bergerak, Le Minerale adalah companion yang paling tepat"
  • "Le Minerale kesegaran air pegunungan dengan kejernihan manisnya"
  • Kesehatan adalah investasi jangka panjang, untuk membantu menjaga Kesehatan keluarga, saya selalu mempercayakan Le Minerale"
  • "Galon Le Minerale selalu baru, bebas dari BPA berbahaya dengan ketahanan tutup ukir anti rembes"
  •  
  • Dengan analisis STP yang tepat, perusahaan dapat menentukan target pasar yang tepat dan positioning yang efektif. Hal ini akan membantu perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya, yaitu meningkatkan penjualan dan keuntungan



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline