Lihat ke Halaman Asli

Pahlawan Sejati

Diperbarui: 24 November 2023   05:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Di sebuah kota kecil yang damai dan tentram,

"kring......kring.....kring...." suara alarm berbunyi di kamar yang penuh ketenangan di pagi hari.

"Aduh apa sih ini ganggu pagi ku saja!!!" Ucap perempuan penghuni kamar tersebut seraya mematikan alarm yang berbunyi tersebut.

"Bangun Nak, sudah jam setengah enam. Mau telat lagi ta?"

"Waduh!!!" Reaksi kaget perempuan tersebut melihat jam karena diingatkan neneknya.

 Itulah seorang gadis bernama Maya. Meskipun dengan sikap cerobohnya dia memiliki keyakinan baginya, pahlawan sejati bukanlah mereka yang memiliki kekuatan super atau mengenakan seragam, tetapi mereka yang menginspirasi dan memberikan kebaikan kepada orang lain. Maya memiliki seorang nenek yang menjadi pahlawannya.

"Nek aku berangkat dulu ya" Pamit Maya kepada neneknya dengan tergesa setelah persiapan seadanya.

"Iya hati-hati ya. Jangan lupa titipan nenek anterin ya." Balas Nenek Maya.

Nenek Maya yang bernama Ibu Ani adalah sosok yang penuh dengan kebaikan dan bijaksana. Tiap hari, Maya menyaksikan bagaimana neneknya dengan sabar membantu tetangga-tetangganya yang membutuhkan, tanpa mengharapkan apapun sebagai balasannya.

Suatu hari, sebuah bencana alam melanda kota kecil mereka. Banjir besar menghantam, rumah-rumah terendam air, dan orang-orang panik. Maya dan neneknya pun turun tangan membantu. Meskipun neneknya sudah tua, tetapi semangatnya tak pernah luntur. Maya terinspirasi oleh keteguhan dan kebaikan neneknya. Dia mulai berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial, membantu membagikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak bencana. Setiap langkah yang Maya lakukan, dia ingat kata-kata bijak neneknya.

"Apapun yang terjadi dalam hidup, bersikaplah baik kepada orang lain adalah cara yang damai untuk disukai, dan warisan yang indah untuk ditinggalkan." Kata kata bijak yang diucapkan Nenek. Bu Ani juga meyakini pahlawan sejati adalah mereka yang mampu memberikan arti bagi kehidupan orang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline