Lihat ke Halaman Asli

Bahasa Indonesia Keilmuan

Diperbarui: 11 Oktober 2022   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bahasa Indonesia sejatinya merupakan bahasa persatuan bagi Indonesia. Sejak dilahirkan tanggal 28 Oktober 1928 oleh para pemuda dari berbagai daerah di Nusantara dalam ikrar sumpah pemuda. Dari tiga poin ikrar sumpah pemuda yang salah satunya terdapat teks "menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia". Sebelumnya adanya bahasa Indonesia, masyarakat menggunakan bahasa Melayu yang juga diyakini sebagai cikal bakal lahirnya Bahasa Indonesia. 

Bahasa Indonesia kini memiliki fungsi, yang salah satunya adalah fungsi tekstual. Fungsi tekstual Bahasa Indonesia yaitu bahasa memiliki peran untuk menyampaikan ide-ide dalam bentuk tulisan. Dalam hal ini terdapat berbagai ragam bahasa tulis Indonesia, salah satunya Bahasa Indonesia keilmuan. 

Bahasa Indonesia keilmuan sangat penting karena merupakan instrumen pengembangan kepribadian seseorang dalam mewujudkan karakteristik berbudaya. Hal tersebut diantaranya yaitu penerapan masyarakat Indonesia dalam berkomunikasi yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan. Oleh karena itu, bagi segenap civitas akademik Bahasa Indonesia keilmuan sangat penting dan wajib untuk dimiliki. 

Buku ini hadir dengan dilatarbelakangi oleh upaya pusat bahasa dalam meningkatkan mutu pelayanan kebahasaan dan kesetaraan kepada masyarakat. Upaya tersebut salah satunya adalah dengan menyediakan buku rujukan. Penyediaan buku rujukan adalah salah satu upaya meningkatkan minat baca menuju perubahan orientasi dari budaya dengar dan berbicara, budaya membaca dan menulis. 

Buku ini sangat penting bagi para peserta didik, baik dari tingkat menengah pertama maupun pendidikan tinggi. Sebagai salah satu buku rujukan, buku ini sangat bagus. Materi yang dimuat dalam buku ini sangat lengkap. Cara penyampaian materi oleh penulis dapat membuat nyaman pembaca, karena penggunaan kata dan kalimat yang efektif dan mudah untuk dipahami. 

Identitas Buku 

Judul Buku : Bahasa Indonesia Keilmuan

Penulis: Zul Haeri dan Dwi Tesna Andini

Penerbit: Madani (Kelompok Intrans Publishing)

Tahun Terbit: 2022

Halaman: xii + 124 hlm 

ISBN : 978-602-0899-95-4

Harga : Rp. 60.000 (Pulau Jawa) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline