Lihat ke Halaman Asli

Naura Putri

Mahasiswa S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Malang

Peran dan Upaya Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat

Diperbarui: 4 Oktober 2023   20:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PERAN DAN UPAYA MAHASISWA ILMU KESEHATAN MASYARAKAT  

Oleh: Naura Putri Hidayat_Higiene

 

Ilmu Kesehatan Masyarakat merupakan program studi dengan mempelajari ilmu dan kesehatan serta kesejahteraan pada kehidupan melalui organisasi pada masyarakat. Kesehatan masyarakat sebagai usaha preventif yang digunakan untuk menjaga kesehatan masyarakat. Lulusan program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, untuk mempermasalahkan kesehatan kepada masyarakat (Ayuningtyas, 2013). Selain itu, digunakan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari selama berada di perkuliahan mengenai masalah kesehatan. Relawan dalam proyek untuk menanggulangi permasalahan kesehatan atau proyek sendiri untuk menanggulangi, permasalahan atas kesehatan atau proyek yang memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat sekitar.

Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu program studi di Fakultas Ilmu Keolahragaan. Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat berdiri pada tanggal 12 April 2013 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 105/E/O/2013 tentang penyelenggaraan Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM). Prodi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Malang terakreditasi B berdasarkan Surat Keputusan Akreditasi No 0152/LAMPTKes/Akr/Sar/III/2019 yang berlaku sejak ditetapkan hingga 22 Maret 2024. Hingga saat ini terdapat 21 dosen dengan 8 peminatan yaitu Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP), Gizi Masyarakat, Epidemiologi, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK), Kesehatan Reproduksi, serta Biostatistik dan Ilmu Kependudukan.

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian masyarakat. Penyuluhan kesehatan masyarakat kepada masyarakat mengetahui permasalahan kesehatan seperti Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan oleh Universitas Negeri Malang, dengan memberikan penyuluhan kesehatan tentang lingkungan dan keselamatan kerja (Ayuningtyas, 2013).

Mahasiswa diharapkan mengenai kesehatan atas perkembangan dan kajian ilmu ilmiah sebagai alternatif dan solusi. Mahasiswa dapat dilakukan secara langsung dalam mengatasi berbagai fenomena kesehatan agar lebih berkembang. Mahasiswa dapat membantu menyampaikan aspirasi kepada pihak-pihak yang dapat membantu. Masyarakat dapat dijadikan sebagai generasi milenial dalam meningkatkan pembangunan nasional sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan membantu mengurangi permasalahan kesehatan yang ada dilingkungan sekitar.

Permasalahan Kesehatan Keselamatan

Indonesia berada pada peringkat pertama dengan angka kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Kecelakaan kerja menyebabkan kerugian pada perusahaan dan pekerja. Setiap pekerjaan mempunyai resiko tinggi terjadinya kecelakaan kerja selama sehingga ditemukan perilaku dan kondisi yang tidak aman. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja digunakan untuk mengatur perlindungan keselamatan kerja bagi tenaga kerja ketika berada ditempat kerja. Undang-Undang K3 digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan, produksi dan produktivitas nasional dengan memanfaatkan sumber produksi secara aman dan efisien.

Kendala manajemen Pertolongan Pertama Pada Kecalakaan (P3K) konstruksi dalam menerapkan P3K sebagai yang membentuk dukungan dari manajemen karena membutuhkan tenaga kerja yang banyak dan menghasilkan keuntungan banyak. Kecelakaan kerja berkaitan dengan dukungan dalam menerapkan P3K, menyebabkan kekurangan dalam mengendalikan kecelakaan kerja seperti kurang APD, kurangnya fasilitas medis, melemahnya monitoring dan evaluasi berkaitan dengan P3K sesuai dengan kebijakan yang memenuhi peraturan perundang-undangan. Salah satunya yang terjadi adalah kecelakaan kerja di Pabrik Gula PTPN VII Di Stasiun Pemurnian PT. Perkebunan Nusantara, terdapat karyawan yang ditemukan tidak berdaya akibat tersiram air panas. Korban bernama Zulkifli berusia 53 Tahun bertugas sebagai operator stasiun pemurnian.

Berdasarkan pendapat dari Asisten Umum PTPN VII Cinta Manis, Domu Simanngkalit terdapat peristiwa yang menimpa karyawan ketika kampanye PG Cinta Manis sekitar 06.15 WIB. Domu oleh tim pabrik dimana setiap korban langsung dibawa ke RSUD Kayuagung untuk memperoleh pertolongan pertama atau luka panas yang ada dibagian tubuhnya. Sehingga karyawan yang bersangkutan telah dirujuk ke rumah sakit lanjutan di Palembang untuk memperoleh penanganan medis hingga dapat disesuaikan dengan saran medik dari dokter yang melakukan penanganan di RSUD Kayuagung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline