Lihat ke Halaman Asli

Candi Sumberawan: Sejarah dan Konservasi

Diperbarui: 18 September 2023   19:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Candi Sumberawan, juga dikenal sebagai Stupa Sumberawan, terletak di Dusun Sumberawan, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Berbentuk stupa, candi ini memiliki latar belakang agama Budha, dan merupakan keunikan karena bangunan berbentuk stupa jarang ditemui di Provinsi Jawa Timur. 

Penemuan pertama kali dilakukan oleh masyarakat pada tahun 1904, kemudian pada tahun 1935, Dinas Purbakala Hindia Belanda melakukan kajian terhadap bangunan ini dan pada tahun 1937, bagian kakinya berhasil direstorasi.

Walaupun tidak diketahui secara pasti kapan Candi Sumberawan dibangun, para ahli menduga bahwa bangunan ini didirikan sekitar abad XIV M. Beberapa bahkan berpendapat bahwa daerah ini dulunya disebut Kasurangganan, tempat yang pernah dikunjungi oleh Raja Hayam Wuruk pada tahun 1359 M ketika pergi ke Singhasari. Hal ini dicatat dalam kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca, pupuh 35 bait ke 4.

Untuk mempertahankan keaslian candi ini, dilakukan konservasi secara berkala dan dipasang penjaga khusus. Perlindungan hukum juga telah diberikan dengan menetapkan Candi Sumberawan sebagai cagar budaya sejak tahun 2010




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline