Hal yang perlu diperhatikan dalam penetapan harga yaitu mulai dari strategi penetapan harga, faktor penentu strategi penetapan harga, dan jenis strategi penetapan harga. Tapi sebelum itu kita perlu tau apa yang dimaksud dengan penetapan harga terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.
A. Penetapan Harga
Harga adalah penentu utama pilihan pembeli untuk membeli produk tersebut atau tidak. Hal ini membuat perusahaan harus pandai dalam memilih strategi penetapan harga jual suatu produk.
Penetapan harga yang baik harus memperhatikan waktu yang tepat, seperti:
a. Momen kemunculan pertama produk
b. Di saat pengenalan produk kepada saluran distribusi ataupun wilayah baru
c. Pada saat penyampaian penawaran
B. Strategi Penetapan Harga
Menurut Chron, pricing strategy merujuk ke metode yang dipakai oleh perusahaan untuk menentukan harga produk ataupun layanan yang ditawarkan. Dengan melakukan pemilihan strategi penetapan harga yang tepat dapat meningkatkan penjualan.
Seperti yang kita bahas sebelumnya jika harga sendiri adalah komponen pemasaran yang dapat menentukan pendapatan dari suatu perusahaan. Jadi, melakukan penetapan harga yang sesuai merupakan salah satu faktor kunci bagi badan usaha untuk memperoleh keuntungan.
C. Faktor Penentu Strategi Penetapan Harga