Lihat ke Halaman Asli

Naufal Zuhdi

Mahasiswa

Tafsir Ayat Dakwah Surah Al- Ahzab 45-48

Diperbarui: 9 Juli 2024   23:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berikut Ini Adalah Surah Al ahzab ayat 45-48 yang memiliki kandungan berupa isyarat berupa tugas-tugas yang di jalankan oleh seorang Rasul Muhammad Saw,menjelaskan tanggung jawab yang Allah Swt perintahkan kepada Rasul".

Terkait surah ini ada juga dakwah Nabi Nuh As,dengan dimulainya perjuangan nabi Nuh As.Dari segala nabi dan rasul Allah Swt maka adapun nabi yang dahulu sekali membawa syariat ialah nabi nuh ,setelah itu nabi nuh terjun ke masyarakat dengan berpegang ayat Allah yang artinya "Wahai kaumku! sembahlah olehmu akan adanya Allah Swt,tidak ada bagi kamu tuhan selain dia.Sesungguhnya aku ini takut akan azab yang diberikan Allah untukmu.

"Jangan kita lupa akan wahyu yang dimulai itu dari orang-orang tua kita dahulu ujar orang arab atau tanah kudus yang enggan menerima keimanan yang diberikan nabi nuh,karena orang-orang tua mereka dahulu jasanya itulah yang dibuat menjadi patung penyembah berhala,karena hal inilah terjadi dan nabi nuh menegur atas perilaku mereka orang tua yang di abadikan patung itu bukanlah Allah Swt melainkan ke syirikan yang sangat Allah murkai.

Tujuan Dakwah nabi nuh as....

meluruskan segala hal yang berantakan dibuat oleh para kaum-kaum yang Allah murkai 

dampak buruk bagi yang menimpa mereka (kaum)akibat pembangkangan terhadap para-para Rasul Allah Swt.

dan sebenarnya adapun penjelasan-penjelasan yang cukup panjang di ayat-ayat sebelumnya terkait hal sama ,tetapi masih ada terus terusan kaum musyrik mekah  yang durhaka.

Objek cercaan nabi nuh As,terdapat di ibnu katsir yang firman-Nya"permukaan permukaan dari para kaum yang berkata orang orang terhormat dan besar sesungguhnya kami memandangmu orang yang tersesat ujar kaum kafir musyrik itu.

"Kata-kata baik yang terlontarkan di ucapan nabi nuh terhadap kaumnya sangat membuat hati tersentuh,"Hai kaumku tak ada rasa sakit sedikitpun pada lafaz,sesungguhnya aku ini utusan dari tuhan semesta.

banyak sekali rintangan untuk mendakwai orang-orang yang musyrik tidak usah jauh-jauh yang seiman juga susah sekali di dakwai yang pada dasarnya ada iman dan ketaqwaan apalagi untuk orang-orang yang sama sekali dari kecil tidak dibenahi dengan ilmu agama 

.... 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline